Tempat Wisata Dingin Di Jawa Tengah

KOMPAS.com –
Karanganyar adalah pelecok satu kawasan dekat Kota Solo nan terkenal memiliki master dingin. Lokasinya yang berada di izzah dan ki berjebah di lereng Giri Lawu semupakat dikunjungi saat ingin menghilangkan pikiran.

Tak saja guru dingin, melainkan pemandangan di seputar Karanganyar kembali sangat elok dan asri.

Nah, jika kamu berencana menjadikan Karanganyar perumpamaan pilihan wisata di dekat Kota Solo, berikut bilang panggung wisata Karangayar yang pas asyik kerjakan dikunjungi.

1. Serunya Berkeliling Candi Cetho


Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah

Berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Anggar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit dan bercorak Hindu.

Berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut faali membentuk tempat ini sejuk.

Selain bersejarah, candi ini cukup idiosinkratis. Menjadikan Candi Cetho bagaikan pilihan pariwisata Karanganyar adalah pilihan yang tepat.

Ketika kemari, kamu terlazim mengaryakan kain kampuh bercorak hitam putih nan diikatkankan di pinggang.

Bentuk-bentuk candi di Komplek ini juga menarik. Angka artistic pecah bangunannya, dipadu dengan standard di sekitarnya, membuat Candi Cetho adv amat instagramable dijadikan sebagai lokasi berfoto

2. Menikmati Kesejukan Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (26/2/2019).
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Kebun teh Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Paruh, Selasa (26/2/2019).

Hijau perkebunan teh yang membentang luas membuat lokasi ini terasa sangat meredam emosi. Udaranya yang sejuk membuat wisatawan nan datang tidak mudah bosan.

Lokasi kebun teh ini berada sebelum Candi Cetho. Sehingga sebelum kemari, ia dapat mampir bakal berfoto-foto.

Selain perkebunan teh nan luas, di selingkung tempat ini terdapat beberapa wahana seperti kancah untuk river tubing, outbound, serta beberapa kedai teh yang bisa kamu kunjungi buat menikmati teh kemuning.

Kebun Teh Kemuning fertil di Ngargoyoso Karanganyar.

3. Sambangi Segarnya Air terjun Jumog

Wisatawan sedang menikmati suasana Air Terjun Jumog, Karanganyar
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Wisatawan madya menikmati suasana Riam kecil Jumog, Karanganyar

Masih di Ngargoyoso, wisata Karanganyar satu ini tepatnya di Desa Berjo, terdapat serasah nan sangat menyejukkan. Serasah tersebut adalah Air Ki angkat Jumog.

Riam kecil ini memadukan kealamian air terjun yang cukup deras, alam yang asri serta spot buatan seperti tebat renang. Di tempat ini terdapat pula sejumlah penjual sate terwelu yang dapat Dia jadikan sortiran kuliner khas.

Jika ingin mendapatkan foto nan instagramable, maka ambilah rang dengan background sirat kayu dan air terjun yang terlihat cantik berbunga kejauhan.

4. Emosional Syahdu di Ancala Hope

Spot foto romantis di Bukit Hope Karanganyar.
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Spot foto romantis di Ancala Hope Karanganyar.

Ardi Hope berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. Bukit Hope menawarkan keindahan panorama Pergunungan Lawu Kidul. Obyek wisata ini terletak di puncak sebuah bukit yang cak semau di Desa Wonorejo.

Pengelola telah menambahkan beberapa spot foto dengan bidang bokong hamparan Pergunugan Lawu Selatan nan menghampar di sisi selatan Bukit Lawu. Terdapat spot foto bertuliskan “I Love You” serta spot foto berbentuk kapal.

Tak hanya indah dan instagramable, spot foto itu juga romantis. Apalagi awan yang berhembus terasa sejuk, kian menambah suasana syahdu saat menyadran kemari. Pilihan yang tepat wisata Karanganyar menyerempakkan pasangan

5. Foto-foto sekaligus Belajar di Rumat Atsiri Indonesia

Marigold yang merupakan tanaman atsiri di Rumah Atsiri, Karanganyar.
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Marigold yang adalah pokok kayu atsiri di Rumah Atsiri, Karanganyar.

Karanganyar, rasanya patut berbesar hati, dengan kehadiran Rumah Atsiri Indonesia. Pasalnya, di ajang ini ada layak banyak spesies tanaman di Indonesia yang menghasilkan petro atsiri.

Ulah tumbuhan ini ditata dengan cakap dan dirawat dengan baik. Hinggap ke Kondominium Atsiri Indonesia, tak hanya mendapatkan hasil foto nan keren, tapi sekaligus bisa membiasakan akan halnya minyak atsiri sambil mencicit makanan dan minumannya yang berunsur “atsiri” di restaurannya

Tak sekadar itu, datang kemari kamu sederum dapat belajar album. Rumah Atsiri dulunya adalah sebuah pabrik. Selesai dibangun pada hari 1967, dahulu pabrik yang merupakan partisipasi Indonesia-Bulgaria ini mengolah minyak atsiri dari incaran utama serai wangi ataupun citnorella.

Berlokasi di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Perdua, Kondominium Atsiri hanya berjarak sekitar 41 kilometer dengan musim restitusi minus makin satu jam 15 menit.

Baca juga: Serunya Bereksperimen dengan Minyak Esensial di Rumah Atsiri

6. Keceh di Grojogan Seribu

Lokasi ini merupakan pelancongan yang ikonik di Karanganyar. Air ambau nan mengalir deras dari kemuliaan sekitar 81 meter ini membuatnya dinamai Gerojogan Sewu.

Alam di ajang ini masih asri, kerjakan merentang  ke air terjun, peziarah diharuskan menuruni anak asuh tangga terlebih suntuk.

Anak asuh tangga di Grojogan sewu layak unik lantaran jumlahnya cukup banyak. Ada nan menjuluki anak asuh tangga tersebut berjumlah makin berusul 1.250 anak tangga.

7. Bukit Mongkrang

Giri Mongkrang terletak di sisi selatan Gunung Lawu. Lokasinya mampu di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Perdua. Buat bisa ke wisata Karanganyar ini, pemanjatan bisa dimulai berpangkal Telogo Dlingo, dekat Eru Kandang.

Taktik tarik tadinya Dolok Mongkrang yang sempat membuat tempat ini hits yaitu padang bunga ilalang. Meski kini memang sudah tidak terserah, namun, situasi itu lain penting mengurangi ketampanan nan tersaji di sana.

Jabal Mongkrang tetap menyajikan panorama alam yang begitu sani. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan ke arah utara yang begitu mengagumkan. Tampak di hadapanmu Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 meter di atas bidang laut (mdpl). Terlihat pula asap belerang yang mengepul dari Mulut gunung Lawu, Candradimuka.

Selain itu, pemandangan ke arah barat juga tidak kalah indah. Takdirnya binar sinar, anda bisa melihat keindahan gunung-gemunung tak yang berbanjar rapi di horizon jihat barat.

8. Lurah Sumilir

Obyek wisata alam Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (22/7/2018).
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Obyek wisata standard Lembah Sumilir di Dusun Milir RT 001/RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Perdua, Minggu (22/7/2018).

Obyek wisata ini terwalak di kaki Gunung Lawu babak barat tepatnya di Dusun Milir RT 001/ RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso.

Salah satu yang khas dari panggung ini adalah di Tahang Sumilir, sira akan menemukan sebuah kondominium hobbit. Di samping rumah hobbit, kamu bisa menikmati pemandangan dan keanggunan duaja di sekitar Lembah Sumilir. Pepohonan nan rindang dan asri membuat distrik ini semakin mulia.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kabel “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://travel.kompas.com/read/2019/06/25/180700427/8-tempat-wisata-berhawa-dingin-di-karanganyar-solo-cocok-untuk-hilangkan?page=all