Tempat Wisata Di Sumbar Yang Terkenal

Sumatera Barat yakni salah satu daerah terindah di Indonesia. Banyak sekali medan pariwisata di Sumatera Barat yang dapat Anda kunjungi. Sumatera Barat tidak saja tentang masakannya nan sangat tersohor. Negeri nan cakap ini juga dikenal dengan falsafah kehidupan masyarakatnya, perbendaharaan budaya nan masih terjaga serta pesona alamnya nan indah.

Di sini Anda dapat menikmati berjenis-jenis sajian pelancongan yang amat menyentak, mulai dari atraksi budaya, pantai, gunung, serasah, lembah, danau, dll. Berikut medan wisata di Sumatera Barat yang wajib Dia kunjungi ketika gemuk di Bumi Minangkabau ini.

Daftar Arena Wisata di Sumatera Barat

1. Lurah Anai

Palagan Wisata di Sumatera Barat – Lembah Anai

Lembah Anai di Urut-urutan Raya Padang-Bukittingi, tepatnya di Kabupaten Tanah Datar. Area ini ialah kawasan perawatan standard seluas 221 ha. Sebelum sampai di kawasan ini, Anda akan menerobos jalan berliku dengan pemandangan yang indah, perbukitan plonco dan kanyon. Seringkali Anda akan meluluk beruk yang “berhenti” di pinggir jalan.

Suaka alam Leger Anai memiliki hutan tropis yang lebat dengan heterogen spesies dunia tumbuhan dan fauna. Tidak hanya flora dan fauna langka yang membentuk Drum Anai begitu menyedot, juga tiga air terjun dan danau yang sani.

Riuk satu air terjun (Air terjun Lembah Anai) terletak tepat di sisi jalan, sehingga Anda tidak dapat melewatkan nan satu ini.

Temporer dua serasah lainnya terletak lebih jauh ke dalam hutan, dengan waktu pampasan sekitar 15 menit terbit air ambau Drum Anai.

2. Istana Pagaruyung

Tempat Wisata di Sumatera Barat – Istana Pagaruyung

Berkunjung ke Senyap Minang, belum lengkap rasanya sebelum memfokus Istano Basa. Istano Basa atau kian dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan Puri Pagaruyung yaitu sasaran sosio-bersejarah buat masyarakat Minangkabau. Sebuah istana yang dulunya yakni trik pemerintahan Imperium Pagaruyuang ini terwalak di Nagari Pagaruyung, kota Batusangkar, kab. Tanah Ki boyak.

Istana Pagaruyung yang bersimbah momen ini merupakan replika berasal istana aslinya. Keraton ini dibangun kembali (sejumlah barangkali dibangun ulang) di arah selatan istana yang lama setelah dibakar oleh kaum uskup sreg hari 1804, serta hangus pada tahun 1966 dan 2007.

Di dalam istana dengan arsitektur rumah kebiasaan Minangkabau ini Engkau dapat menemukan banyak angka-poin budaya dan falsafah nasib umum Minangkabau. Mulai terbit ukiran, kepentingan-fungsi sendirisendiri keramik, rubrik dan kamar.

3. Pandai Sikek

Tempat Tamasya di Sumatera Barat – Pandai Sikek

Pandai Sikek adalah nagari yang berkecukupan intern kec. Dasa Koto, Kabupaten Tanah Ki boyak. Pandai Sikek terkenal dengan kerajinan tenun songketnya. Di sini, kita dapat menemukan kain berulir perak atau emas

Di sini, Kamu boleh menemukan songket dengan bergam motif serta kain bertolap benang perak alias emas yang ditenun secara manual dengan tangan maka itu warga setempat dengan keterampilan nan telah diwariskan turun-temurun sejak zaman tinggal.

Hamparan pataka yang indah dan suhu yang sejuk lagi menjadi salah satu kiat tarik dari nagari yang terletak di antara Dolok Singgalang dan Ancala Marapi ini.

4. Pariangan

Panggung Wisata di Sumatera Barat – Pariangan

Nagari nan terdapat di lereng Gunung Merapi, dianggap sebagai panggung sumber akar-muasal umum dan budaya Minangkabau. Nagari yang secara administratif timbrung ke intern kecamatan Pariangan, Kabupaten Persil Datar ini yaitu sebuah nagari bersejarah yang masih mencerminkan struktur sosial murni dari konsep Minangkabau mengenai sebuah Nagari. Bandarsah, zawiat dan didominasi maka itu apartemen-rumah tradisional (apartemen gadang) dengan lumbung pari mewujudkan inti Nagari ini.

Puas masa 2012 Nagari Pariangan mendapatkan penghormatan dari Budget Travel (media pariwisata berpengaruh di bumi) laksana keseleo satu desa terindah di dunia.

Nagari dengan pemandangan alam yang lalu mulia ini memiliki banyak peninggalan dan situs bersejarah minangkabau, seperti makam desainer pertama berusul rancangan rumah gadang, Balairung Ekstrak Tabek (Rumah Badang tertua), Masjid Tuo Pariangan, dll.

Selain dianggap sebagai arena asal-mula masyarakat Minangkabau, Nagari Pariangan merupakan cikal bikin lahirnya pemerintahan khas Minangkabau, dengan nama Nagari. Selain itu, Nagari ini juga ialah pencetus sistem kepemimpinan “Tigo Tungku Sajarangan” di Minangkabau.

Jika Anda ingin mematamatai “perkampungan” dan mandu hidup masyarakat Minangkabau seutuhnya, maka Nagari ini merupakan salah satu gelanggang pariwisata di Sumatera Barat yang teradat untuk Sira kunjungi.

5. Danau Singkarak

Tempat Wisata di Sumatera Barat – Telaga Singkarak

Danau Singkarak, yakni sebuah danau yang terletak di antara ii kabupaten Padang Panjang dan Solok. Danau ini memiliki luas 107,8 km², yang berfaedah yakni danau terluas du Sumbar dan terluas ke-dua di Sumatera setelah danau Toba.

Sebuah dunia nan tenang, pemandangan yang memukau dan mengerangkeng menanti Anda di sini. Di sini Anda boleh menikmati keayuan alam terpencil yang seperti itu terkenal di Indonesia.

Selain itu, Danau Singkarak sekali lagi naik daun dengan ikan Bilih-nya, nan merupakan variasi iwak yang hanya hidup di haud ini. Ikan ini sangat distingtif karena tidak dapat bersikukuh nyawa di mana juga kecuali di Danau Singkarak, tambahan pula di akuarium sekalipun.

Di beberapa titik pariwisata, tersedia besikal air dan sampan yang dapat Anda sewa bakal sekedar mengepas menjajap haud ini.

6. Argo Singgalang

Palagan Wisata di Sumatera Barat – Pangan Gunung Singgalang

Sekiranya Anda peminat Lord of the Rings, jangan sampai Anda melewatkan tempat wisata di Sumatera Barat yang menakjubkan ini. Temukan suasana dari ke Era Ketiga dari Middle Earth di jabal ini – nan sangat mirip dengan Hutan Fangorn.

Gunung Singgalang memiliki mahamulia seputar 2877 mdpl, merupakan jenis gunung Vulkanis namun sudah tidak aktif lagi.

Gunung Singgalang dengan ketinggian ±2877 mdpl ini merupakan riuk satu maksud menarik bagi para pecinta pangan. Awan yang sejuk, jalur yang menantang, serta pepohonan nan tertutup kulat dan sangat Instagrammable.

Bekas Wisata di Sumatera Barat – Puncak Gunung Singgalang

Di puncak argo, Anda akan menemukan sebuah telaga (Telaga Dewi) – bekas kawah sunyi – yang merupakan keseleo suatu rahasia tarik utama dari gunung ini.

7. Telaga Diatas dan Danau Dibawah

Haud Diatas
Danau Dibawah

Tasik Diatas dan Haud Dibawah merupakan situ kembar yang terletak di Kabupaten Solok. Danau atas terletak di Nagari Alahan Panjang, kec. Lembah Gumanti, sedangkan Telaga Dasar terletak di Jabal Sileh di kec. Lembang Jaya.

Ke dua situ ini terletak bersebelahan, dengan panorama alam nan tersaji di kawasan situ ini sangatlah menjebloskan. Di sini Ia dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah dengan ditemani oleh udara dingin.

8. Danau Talang

Tempat Wisata di Sumatera Barat – Haud Talang

Situ Talang merupakan salah satu bahan tamasya danau di Suamatera Barat yang terwalak di Kec. Telaga Kembar, Kab. Solok. Lokasinya pun berdekatan dengan Situ Diatas dan Danau Dibawah.

Danau yang terletak di kaki Gunung Talang ini berada di kawasan perbukitan yang sejuk dengan panorama indah yang dikelilingi maka itu perladangan biji pelir-buahan dan sayuran.

Tasik kecil dengan luas sekitar 1,9 Ha (yang selayaknya adalah salah satu berusul dua kawah Gunung Talang Purba) ini dapat dicapai berpangkal Alahan Panjang maupun tasik kembar.

9. Kebun Teh Alahan Panjang

Wadah Wisata di Sumatera Barat – Kebun Teh Alahan Pangkat

Terletak di kebesaran 1.400-1.600 mdpl, perkebunan teh Alahan Panjang menawarkan Engkau nuansa nan santai dan sejuk pecah merangsang dan keramaian kota.

Di distrik perkebunan teh yang berlokasi di Alahan Panjang, Kab.Solok ini, Dia akan menyukai lanskap hijau dengan aroma teh yang enak di udara.

Tak hanya suasana perkebunan teh yang dapat Ia nikmati di sini. Laksana bonus, Beliau dapat menikmati kegantengan haud kembar (Danau Diatas dan Situ Dibawah) berusul perkebunan teh ini.

10. Ngungun Saok

Palagan Wisata di Sumatera Barat – Ngungun Saok

Ngunung Saok merupakan sebuah lubuk – yang senyatanya banyak dijumpai di revolusi batang air manapun. Tetapi nan membedakan Ngunung Saok dengan lubuk-lubuk lainya, adalah, daerah ini seperti mana sebuah lukisan umbul-umbul nan sangat menjebloskan, dengan air hijau toska nan jernih, bebatuan besar nan megah yang mengapit kawasan lubuk, awan nan segar, cegar yang turun bak butiran embun, serta baru nya pepohonan yang menjadi pagar kawsan ini.

Berlokasi di Lubuk Minturun, Kota Padang, akses memfokus daerah ini cukup langka dan menantang, karena berada di daerah pegunungan di paruh alas dan jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga menjadi tantangan tersendiri buat menikmati keindahan daerah ini.

11. Air Ki angkat Nyarai

Panggung Wisata di Sumatera Barat – Air Terjun Nyarai

Salah satu tempat tamasya di Sumatera Barat lainnya nan terlazim bakal Dia kunjungi. Sebuah air terjun dengan pemandangan pataka nan eksotis setimbang 8 meter ini berlambak di daerah Hutan Gamaran, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman.

Kawasan Serasah Nyarai ini dikelilingi oleh bebatuan besar dan pepohonan rindang, dipadukan dengna kolam yang mempunyai air jernih bercelup hijau toska, membuatnya sangat indah lakukan dipandang ain.

Di sini Anda bisa berenang sepuasnya, atau memancing ikan yang banyak terwalak di kolamnya, alias belaka sekedar berayun-ayun kaki merelaksasi diri menikmati suara gemuruh air ki angkat sambil menikmati keindahan alamnya.

12. Jam Gadang

Panggung Wisata di Sumatera Barat – Jam Gadang

Jam Nyiru seorang sepatutnya ada merupakan sebuah palas-palas jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi. Para-para ini memiliki jam di adegan atas ke catur sisi nya.

Selain sebagai ikon Ii kabupaten Bukittinggi, Jam Indang juga merupakan keseleo satu muslihat kawasan wisata di Kota Bukit Tinggi. Terbit jam Gadang banyak kawasan wisata yang dapat Sira kunjungi cukup dengna melanglang suku, seperti Lubang Jepang, Tipar Hewan Bukittinggi, serta Pasar Atas dan Pasar Bawah yang adalah anak kunci perbelanjaan dan kuliner terbesar di Bukittinggi.

Di kawasan Jam Badang juga terdapat taman yang cukup luas yang biasanya digunakan maka itu masyarat setempat dan wisatawan misal tempat berfoto, panggung nongkrong, serta bekas diadakannya programa-acara yang bersifat umum.

13. Gaung Jepang

Panggung Wisata di Sumatera Barat – Lubang Jepang

Lubang Jepang (masyarakat setempat menyebutnya Lobang Japang) merupakan salah satu kawsan pariwisata sejarah yang terletak di Kota Bukittinggi.

Liang Jepang koteng merupakan sebuah terowongan/bungker yang dibangun legiun Jepang laksana bekas perlindungan dan pertahanan, dengan kedalaman setakat 49 meter.

Korok selama 6 km dengan pintu masuk terdahulu di provinsi Yojana Panorama ini memiliki beberapa bab masuk lainnya di sekitar Jam Badang, Kubu Fort De Kock, dan wilayah Ngarai Sianok.

Di dalam liang ini terletak lorong-lorong kecil yang berfungsi ibarat pangsa persuaan, ruang amunisi, menara pengintai, ruang penyergapan, tenggarang, penjara, pintu pelarian.

14. Janjang Koto Gadang

Arena Pariwisata di Sumatera Barat – Janjang Koto Gadang

Sementara Cina memiliki Tembok Besar, Indonesia punya Tataran Koto Gadang. Ya, Tahapan Koto Gadang adalah salah pesona wisata yang serupa dengan Tembok Besar China.

Hierarki Koto Tampi terbentang selama sekitar 1.5 KM yang menghubungkan Nagari Koto Nyiru, Kab. Agam dan Ii kabupaten Bukittinggi.

Karena menghubungkan dua arena, suka-suka dua portal masuk bakal para wisatawan nan mau mencoba mengarungi tembok besar ini.

Berasal Bukittinggi, wisatawan dapat melalui pintu nan lain jauh dari lubang Jepang, dan melewati jalan nan melandai. Saat berbuat perjalanan, bersiaplah bagi terpesona oleh keanggunan pemandangan Ngarai Sianok.

Di beberapa titik terdapat pos-pos nan disiapkan lakukan beristirahat sekalian menikmati pemandangan wai, ladang dan tebing yang mengagumkan.

15. Lurah Sianok

Tempat Wisata di Sumatera Barat – Drum Sianok

Seandainya Anda berkunjung ke sirep minang, Anda wajib mengunjungi tempat wisata di Sumatera Barat yang suatu ini. Terletak di dekat perbatasan Kab. Agam dan Kota Bukittinggi, terdapat sebuah tahang nan mempesona yang disebut penduduk setempat Leger Sianok. Ngarai Sianok adalah jurang curam nan secara eksekutif fertil di Kec. IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat sani dan menakjubkan serta pula menjadi riuk suatu destinasi wisata favorit di Sumbar.

Tahang Sianok diapit maka dari itu dinding (jabal) curam nan saling tatap muka dan hampir vertikal, dan di lembahnya terwalak sungai berliku di antara hijaunya tanah-tanah sawah.

16. Tong Harau

Tempat Tamasya di Sumatera Barat – Lembah Harau

Salah satu medan wisata di Sumatera Barat yang menunjunkkan kepada Kamu alangkah menawannya Bumi Minangkabau. Tahang Harau merupakan sebuah ngarai di kec. Harau, kab. Limapuluh Daerah tingkat. Wilayah ini diapit makanya bukit bujukan granit terjal setinggi 100-500 meter.

Lembah Harau maupun kadang disebut lembah Arau adalah tempat di mana hamparan sawah nan plonco yang dikelilingi maka itu tubir granit nan curam.

Banyak kejadian menarik yang bisa Anda temukan begitu juga 4 riam kecil utama, wai dangkal berbatu, serta bineka kendaraan permainan air dan outbound.

Kawasan yang juga merupakan taman nasional ini benar-benar mempunyai pemandangan yang indah, udara nan sejuk serta suasana yang nyaman, sepi dari hiruk-pikuk keramaian kota. Dari awal memasuki Leger Harau, Anda akan menemukan banyak keindahan dramatis di sepanjang kronologi.

17. Air Terjun Lubuk Bulan

Tempat Tamasya di Sumatera Barat – Air terjun Lubuk Wulan

Perputaran serasah runtuh dari keluhuran 50 meter ke dalam kolam berbentuk rembulan sabit di bawahnya. Anda akan terpesona ketika Anda mengingat-ingat bahwa ada gua tersembunyi di sumber akar kolam. Air yang drop dari air ambau ini, bersirkulasi menerobos lorong sepanjang 1 km dan keluar lakukan menyirami sawah di dekatnya.

Negeri tamasya yang berlokasi di Koto Alam, Nagari Simpang Kapuak, Kab. Lima Puluh Kota ini yaitu tempat yang luhur bakal duduk dan berayun-ayun kaki spontan mendengarkan suara minor dari derasnya air nan terjun.

18. Danau Maninjau

Tempat Tamasya di Sumatera Barat – Danau Maninjau

Danau Maninjau terdapat di Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatra Barat, Indonesia. Telaga ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer berpokok Lubuk Basung, ibu kota Kabupaten Agam.

Telaga dengan keindahan panorama alamnya ini merupakan pelecok satu tempat paling tenang di Indonesia. Udara nan dingin, keramahan penduduk lokal, serta kelezatan kas dapur yang ditawarkan, merupakan sejumlah alasan bagi Kamu menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang tepat kerjakan meleraikan diri dari hiruk pikuk dan kerumunan kota.

Di sini Anda bisa mencoba mengelilingi danau menggunakan kereta angin, bersantai di pinggir danau sambil menikmati sepiring nasi beserta lauk pauknya yang menyadarkan selera dengan ditemani suara hempasan air di pinggir danau layaknya hempasan air di rantau, atau menyadran ke museum rumah kelahiran Buya HAMKA.

19. Puncak Lawang

Bekas Wisata di Sumatera Barat – Puncak Lawang

Puncak Lawang merupakan legok tinggi (terletak di 1.210 meter dpl) di Kec. Matur, Kab. Agam. Pemandangan alam yang disuguhkan dari wadah ini  sungguh mengagumkan. Dari ajang ini, Anda dapat menikmati pesona alam berupa perbukitan baru, perkebunan, pepohonan pinus dengan udara nan sejuk bebas terbit polusi.

Dari kewedanan Puncak Lawang ini Engkau juga bisa melihat keseluruhan pemandangan indah Danau Maninjau,

Kawasan ini juga caruk digunakan buat perlombaan paralayang papan bawah internasional karena merupakan salah satu tempat terbaik di Asia Tenggara.

20. Wilayah Tamasya Maritim Terpadu Mandeh

Medan Wisata di Sumatera Barat – Wisata Mandeh

Salah satu wadah tamasya di Sumatera Barat yang menawarkan banyak pilihan destinasi menarik bagi para wisatawan. Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Daksina ini dikenal kembali sebagai Paduka Ampat nya Sumatera.

Kawasan wisata seluas 18.000 ha ini terdiri dari pulau-pulau nan eksotis, tepi laut-pantai nan indah, wana bakau, cegar, puncak-puncak nan nyajikan pemandangan yang suntuk menakjubkan, serta surga bawah lautnya yang indah, dapat membuat Anda betah berlama-lama berwisata di KWBT Mandeh ini.

21. Gunung Langkisau

Kancah Wisata di Sumatera Barat – Ardi Langkisau

Objek tamasya puncak Langkisau terdapat Painan, Kab. Rantau Selatan dengan ketinggian seputar 500 meter di atas permukaan laut dan menawarkan keindahan nan mempesona.

Remang di puncak langkisau, Anda bisa melihat keindahan alam Ii kabupaten Painan, berangkat dari hijaunya pepohonan, pantai serta pulau-pulau di sekitar argo.

Selain menjadi kawasan favorit olah tubuh paralayang, kewedanan ini kembali adalah medan favorit lakukan menikmati ketika sunset.

21. Pantai Carocok

Kancah Wisata di Sumatera Barat – Tepi laut Carocok

Pantai yang berlokasi di Kota Painan, Kab. Pesisir Selatan ini merupakan keseleo objek wisata pantai terbaik yang aada di Sumbar.

Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama pantainya yang menawan, tapi juga panorama bawah lautnya nan mempesona.

Di sini Anda dapat menikmati bermain air di pinggir pesisir, jalan-jalan di atas sirat kayu di pinggir tepi laut, alias sekedar berayun-ayun kaki bersama-sama menikmati keindahan pantai ini.

23. Danau Biru Talawi

Panggung Wisata di Sumatera Barat – Danau Sensasional Talawi

Untuk Ia nan suka memanjakan alat penglihatan Sira dengan panorama bendera yang menawan, terutama jikalau Dia suka mendaki, salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang satu ini tentunya bukan boleh untuk Engkau lewatkan. Petualangan menyusuri jalan lahan dan mendaki, Engkau akan menemukan sebuah berlian kecil yang tersembunyi di balik pegunungan dan hutan.

Danau yang berlokasi di Tumpuak Tangah, Talawi, Ii kabupaten Sawahlunto ini sebenarnya adalah danau imitasi, yang secara berantara dibentuk melalui penggalian sepanjang bertahun-tahun pecah kegiatan penambangan di makdan batu bara di dekatnya.

Nikmati keindahan haud yang dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan ini, karena Anda akan rumpil menemukan yang seperti ini di tempat lain.

24. Haud Laut Lewat

Panggung Pelancongan di Sumatera Barat – Danau Laut Adv amat

Danau Laut Tinggal atau nan juga dijuluki anau Perawan ini merupakan sebuah danau yang terdapat di puncak Ancala Malintang yang berada di Kabupaten Pasaman Barat.

Suasana pegunungan yang sunyi, serta seni taman hijau zamrud yang menawan, menawarkan Anda kegagahan liwa dengan suasana yang meragamkan. Tempat nan sangat tepat bagi Anda yang ingin melarikan diri sekeceng dari hiruk pikuk perkotaan.

25. Gugusan pulau Mentawai

Tempat Pelancongan di Sumatera Barat – Kepulauan Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai, merupakan sebuah kabupaten di Sumatera Barat yang terdiri berbunga sekumpulan pulau. Gugusan pulau Mentawai mencangam empat pulau utama berpenghuni, merupakan Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Paksina dan Pulau Pagai Selatan, dan beberapa pulau mungil lainnya.

Ki akal tarik utama dari Kepulauan Mentawai terwalak plong hutan, jurang, tepi laut-pantai dan keindahan panorama bawah lautnya yang menawan.

Pulau Sipora merupakan pulau terdepan terkecil, namun paling berkembang. Pulau ini juga merupakan pusat rezim Kab. Kepulauan Mentawai.

Siberut merupakan pulau terbesar, dengan kegagahan dan ke eksotisan nya. Dari saat Beliau start dan mematamatai pantai-pesisir karang putih, hutan hujan purba dan owa bilou/owa mentawai berlaku di pepohonan. Anda akan merasa sulit bagi menyorong terpikat dengan tempat itu.

Pulau Siberut ini adalah rumah bagi diversitas hayati yang congah yang telah menjadikannya umpama cagar biosfer UNESCO.

Itulah beberapa
Tempat Pariwisata di Sumatera Barat
yang boleh Anda jadikan referensi saat kepingin berkunjung ke Tenang Minang. Semoga berjasa.

Source: https://www.azwisata.com/2014/12/pilihan-tempat-wisata-di-sumatera-barat.html