Tempat Wisata Di Sorong Papua Barat

KOMPAS.com
– Indonesia episode timur menyimpan berbagai pilihan destinasi wisata yang menawarkan kegagahan panorama alam dan bermacam rupa aktivitas wisata. Salah satunya adalah Kota Dorong di Provinsi Papua Barat.

Meski lebih dikenal sebagai kota transit ke Papua Barat, pintu masuk provinsi ini pula menawarkan beberapa tempat menarik nan dapat dikunjungi.

Baca juga: Wisata Raja Ampat Sudah Buka, tapi Kunjungan Masih Sepi

Seandainya ingin mengarungi Kota Sorong sejauh satu hari penuh serta merta menunggu jadwal penerbangan lebih lanjut, berikut
Kompas.com
rangkum
itinerary
seharian pariwisata di Kota Sorong, Senin (1/11/2021):

Saringan tempat menginap di Kota Dorong

Bandara Domine Eduard Osok memiliki beberapa hotel di sekitarnya nan dapat dipilih andai tempat istirahat apabila jadwal penerbangan adalah lusa hari.

Baca juga: Saatnya ke Piaynemo Raja Ampat, Umumnya Harus Antre Saat ini Sepi Turis

Beberapa hotel yaitu Favehotel Sorong di Urut-urutan Basuki Karunia nomor 8, Malaimsimsa, Distrik Sorong Paksina. Lewat, ada Vega Hotel Tolak di Urut-urutan Frans Kaisiepo di Malaingkedi, Kewedanan Sorong Utara.

Kerjakan harga, favehotel N sogokan menawarkan nominal Rp 579.389 per malam untuk kamar tipe faveroom double dan faveroom twin.


kompas.com / Nabilla Ramadhian
Bandara Dominique Edward Osok di Kota Tolak, Provinsi Papua Barat, Senin (25/10/2021).

Provisional Vega Hotel N sogokan, berdasarkan salah satu situs agen pelawatan
online, harganya yakni Rp 629.193 per malam bakal Penasihat Twin.

Perlu dicatat bahwa harga dan spesies kamar nan telah disebutkan adalah untuk pemesanan plong 13 November 2021. Terserah kemungkinan harga dan keberagaman kamar yang tersedia berubah sesuai tanggal yang akan dipesan.

Baca sekali lagi: Taman Mangrove Klawalu Sorong, Taman Wisata Mangrove Purwa di Papua

Pilihan transportasi untuk bertamasya di Sorong

Pilihan transportasi yang dapat dipilih merupakan dengan mencarter mobil di rental penyewaan, ataupun menggunakan angkot (disebut dengan Taksi Kuning) lakukan gelintar dengan harga Rp 5.000 per orang.

Bagi rental otomobil, ada sejumlah fasilitator layanan yang dipilih. Salah satunya yaitu PT Wahana Rental Mobil Sorong di Jalan Pendidikan, Malaimsimsa.

Baca juga: Cerita Perajin di Desa Tamasya Arborek Raja Ampat yang Terdampak Pandemi

Kemudian ada CV Trimitra Terdepan Persewaan Mobil Tolak di Jalan Danau Uter nomor 8, Kelurahan Pal Putih. Kedua rental mobil ini separas-sama menawarkan harga carter sekitar Rp 500.000 per hari dan abolisi kunci.

Apabila ingin berpelesir mendaki transportasi
online, berlandaskan pantauan
Kompas.com
pada Senin (25/10/2021), pada saat itu tidak cawis layanannya sama sekali.

Sortiran panggung wisata dan kuliner di Kota Tolak

Pagi: Sarapan di Coto Hb’Eng

Coto Hb’Eng terletak di Kelurahan Remu Utara, Provinsi Sorong. Tempat makan tersebut menawarkan berbagai macam sortiran menu.

Salah satu spot Instagramable di Taman Wisata Mangrove Klawalu Sorong, Papua Barat.
Limbung. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Berlambak
Salah satu spot Instagramable di Taman Pariwisata Mangrove Klawalu Sorong, Papua Barat.

Salah satunya adalah Coto Makassar. Kamu bisa membeda-bedakan apakah ingin menyantap coto berilmu daging penuh maupun dicampur dengan jeroan.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Jayapura, Jelajahi Danau Terluas di Papua

Kerjakan harga, kamu enggak terlazim bimbang karena kedua saringan isian coto sama-sederajat dihargai sebesar Rp 28.000 untuk satu jatah makan dan Rp 15.000 untuk setengah jatah makan.

Pagi jelang siang: Wisata di Taman Mangrove Klawalu

Sehabis kas dapur kenyang, kamu bisa berkunjung ke tempat pelancongan purwa merupakan Ujana Mangrove Klawalu yang juga dikenal dengan Taman Wisata Mangrove Klawalu Sorong.

Baca juga: Taman Mangrove Klawalu Sorong, Taman Pariwisata Mangrove Pertama di Papua

Tempat tamasya yang dikatakan misal taman wisata bakau pertama di Papua ini berlokasi di Kelurahan Klamana, Area Sorong Timur.

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati sejumlah kegiatan tamasya, seperti mana menjelajahi pesisir pantai naik arombai maupun menikmati pemandangan mulai sejak gardu pandang.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di  Taman Wisata Mangrove Klawalu Sorong, Papua Barat, adalah menyusuri jembatan warna-warni.
Gudi. Kementerian Pelancongan dan Ekonomi Kreatif
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Pelancongan Mangrove Klawalu Sorong, Papua Barat, adalah menyusuri geretak dandan-warni.

Kamu juga dapat menyusuri titian pernak-pernik, foto-foto di spot yang tersedia, serta belajar tentang berbagai jenis tumbuhan.

Harga tiket masuk Yojana Mangrove Klawalu Sorong yaitu Rp 10.000 buat manusia dewasa dan Rp 5.000 buat momongan-anak.

Baca pun: Desa Pariwisata Kampung Yoboi Papua, Palagan Wisata Sagu dan Budaya

Tarif parkirnya adalah Rp 5.000 untuk alat angkut roda empat, dan Rp 2.000 cak bagi media roda dua. Jam operasional medan tamasya ini adalah setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-18.00 WIT dan 11.00-18.00 WIT pada Minggu.

Siang: Bersantap siang di RM Hawion

Sesudah pada melancong di Taman Mangrove Klawalu Sorong, ia bisa meneruskan avontur ke Rumah Makan Hawion untuk makan siang.

Tempat bersantap ini terletak di Urut-urutan Burung Kakatua, Rukan Hawion Nomor 5, Kelurahan Remu Lor. Jikalau ingin menikmati hidangan khas Papua Barat yakni papeda, arena makan ini sekata lakukan dikunjungi.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Selingkung Stadion Lukas Enembe PON XX Papua 2021

Sebab, pihak rumah bersantap sudah menyiapkan sampul khusus yang terdiri terbit papeda, saringan olahan ikan, dan sayur. Harganya adalah Rp 40.0000. Papedanya pun disediakan satu kobok penuh.

Saat melawat ke sana pada Senin (25/10/2021),
Kompas.com
melembarkan paket tersebut nan mencakup papeda, lauk kakap merah kuah kuning, dan kangkung.

Ilustrasi cara mengambil papeda di Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).
KOMPAS.com/Nabilla Ramadhian
Ilustrasi prinsip mengambil papeda di Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).

Siang jelang senja: Santai di Marina Star Restaurant

Marina Star Cafe & Resto berlokasi di Perkembangan Cakalang, Bom Perikanan Sorong, Distrik N sogokan. Wisatawan akan disambut oleh pemandangan laut pembebasan sesaat pasca- jebluk dari kendaraan.

Rumah makan ini memiliki beberapa wilayah bersantap, salah satunya adalah area makan luar kolom yang berharta di atas dermaga.

Baca juga: Kondominium Adat di Papua, berpokok Honai sampai Kondominium Pohon

Selain jalan-jalan dan foto di area kondominium makan, kamu juga dapat piknik di bom serempak melihat banyaknya kapal besar dan kapal kecil yang beristirahat. Ada lagi kapal-kapal nan sedang berada di tengah laut.

Lakukan jenis makanannya, beberapa nan ditawarkan ialah sup, olahan iwak, dan nafkah kekinian seperti spaghetti dan fish and chips.

Ada pula saringan sup, antara lain sup kuah kuning ataupun bening, sup sapo ikan keladi, sup asparagus, dan sup iwak sawi asin.

Baca juga: Noken Papua, Warisan Budaya Takbenda UNESCO yang Makara Merchandise PON XX Papua 2021

Harga dibanderol mulai dari Rp 75.000 cak bagi dimensi kerdil. Sementara lakukan sup berbahan ikan kakap dan kerapu, harganya adalah Rp 330.000 per kilogram.

Provisional untuk olahan iwak, bilang yang boleh dipilih menunya adalah ikan iris cah jahe, ikan saus limau, dan ikan bakar rica. Harga seperti mana menu sup berbahan ikan kakap dan kerapu.

Pemandangan matahari terbenam dan hamparan laut lepas di area dermaga tepi pantai di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).
kompas.com / Nabilla Ramadhian
Pemandangan mentari terbenam dan hamparan laut lepas di area dermaga susur pantai di Kasuari Valley Beach Resort di Ii kabupaten N sogokan, Papua Barat, Senin (25/10/2021).

Untuk menu minuman, terdapat sortiran salinan, non-kopi, dan teh dengan harga mulai mulai sejak Rp 15.000. Bilang menu nan tersedia ialah americano, cafe mocha, matcha espresso, dan red mocha.

Sore: Nikmati sunset di Kasuari Valley Beach Resort

Sebelum mengakhiri kegiatan wisata dan kuliner di Ii kabupaten N sogokan, rasanya kurang eksemplar jika tidak menikmati pemandangan surya terbenam berpangkal portal masuk Papua Barat ini.

Pelecok satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Kasuari Valley Beach Resort di Tanjung Kasuari, Distrik Sorong Barat.

Suasana yang ditawarkan oleh tempat ini dulu asri. Mulai dari halaman, wilayah kolam renang dan kafetaria, hingga kawasan bersantap dekat tebing kerjakan menikmati matahari tergenang dikelilingi banyak pohon rindang.

Baca juga: Bakar Alai-belai, Pendirian Menguning nan Elusif Solo Papua

Sreg beberapa noktah di riol jalur kerdil yang berliku kembali terletak pokok kayu-pohon, serta tumbuhan kecil dandan-warni. Untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam, anda boleh berbarengan memusat ke area makan luar ruangan nan berada di tepi gawir.

Dari arena ini, pemandangan yang didapat selain matahari terbenam adalah hamparan laut lepas, sebuah bukit tangga yang mirip dengan bingkatak, hamparan batuan osean, dan tebing karang yang menjulang tingkatan.

Harga tiket turut Kasuari Valley Beach Resort lakukan menikmati pemandangan matahari terbenam yakni Rp 35.000 per orang tanpa transaksi, dan gratis jika melakukan transaksi paling Rp 50.000 masing-masing orang.

Baca pun: 4 Kas dapur Papua dari Sagu

Adapun, transaksi yang dimaksud ialah nominal pemesanan makanan atau minuman. Jika berbuat pemesanan dengan nominal tersebut, wisatawan bisa berkunjung secara gratis.

Beberapa pilihan menu yang tersedia yaitu Seafood Plater dengan harga menginjak dari Rp 75.000. Keberagaman makanannya di antaranya adalah ikan baronang bakar, lobster saus tiram, bubara bakar rica, dan udang rebon telur payau.

Ada juga menu tak seperti nasi oci belah rica, nasi cumi sambal ijo, paket dada tuna, ayam goreng cabai garam, dan sapo senggang nan harganya sepan terjangkau.

Kerjakan minuman, harga berada lega kisaran Rp 45.000. Bilang yang bisa dipesan adalah vanilla milkshake dan chocolate milkshake.

Apabila ingin berenang harga tiketnya ialah Rp 100.000 masing-masing orang sonder batasan jam. Dengan nominal tersebut, pelawat dapat menikmati roti bakar selai, mauz goreng tepung, dan ubi benggala goreng.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
saban hari berpangkal Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.derita/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://travel.kompas.com/read/2021/11/02/120100327/itinerary-seharian-wisata-di-kota-sorong-nikmati-sunset-dari-atas-tebing?page=all