Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah

Butuh Liburan yang Seru? Periksa List Medan Wisata Terbaik di Unik, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok kerjakan Ia Kunjungi Ketika Liburan Bersama Orang Tercinta.

Solo merupakan sebuah kota yang tersohor akan budayanya yang tersimpan privat Kastil Solo. Kastil tersebut menggudangkan banyak ki kenangan dan tentunya budaya pecah pitarah zaman dulu. Jadi bukan heran kalau disini terdapat banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang terkenal dan sepan kerjakan dikunjungi. Makanya sebab itulah, daerah tingkat katai nan bakir di Jawa Tengah ini serupa itu populer, tak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara.

Tak doang akan halnya Kraton dan wisata budaya, Solo juga menyimpan berbagai varietas tempat nan dapat mencintai netra dan juga pikiran Anda selincam. Ya, ii kabupaten katai ini lagi menyimpan bineka tempat wisata yang sangat indah dan menawan. Berikut adalah beberapa tempat pariwisata yang dapat Anda nikmati di Solo.

1. Taman Balekambang

Taman Balekambang
Image Credit: Solo.korinatour.co.id

Panggung Wisata di Spesifik yang pertama yakni sebuah yojana bernama Balekambang yang terwalak di Jalan Balekambang Nomor 1 Surakarta. Ujana ini ialah taman historis nan di bangun bersama-sama makanya Mangkunegoro VII sreg musim 1921. Taman yang dikelilingi makanya pepohonan yang yunior ini membuat suasana menjadi begitu sejuk dan nyaman.

Tak belaka pepohonan, terdapat beberapa spot di Taman Balekambang yang boleh Kamu jadikan spot berfoto selfie. Lalu, cak semau juga beberapa satwa jinak yang dapat Dia lihat langsung seperti kijang, ayam hias, bebek, dan sato menghampakan lainnya. Ajang ini dapat Ia nikmati setiap pukul 6 pagi sampai 5 magrib namun.


Harga Tiket:
Rp 20.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

2. Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta
Image Credit: Google Maps (Andi Pagi buta)

Pelan yang terdiri berpangkal rerumputan ini menjadi bekas yang menarik lakukan bersantai. Tempat nan menghadirkan pemandangan daerah tingkat budaya dengan bermacam-macam permainan momongan dan kuliner ini menjadi trik tarik singularis. Tentunya, kuliner khas yang lazim disebut dengan kudapan angkringan menghadirkan plural rezeki individual dengan harga yang sangat terengkuh.

Anda bahkan bisa menikmati beraneka ragam makanan langka sebatas kandungan ringan begitu juga rambak dan ronde di tempat ini. Selain itu, palagan ini juga menghadirkan permainan anak-anak asuh sebagaimana sepeda solek, memancing, dan perosotan. Anda bahkan juga bisa mengunjungi alun alun tersebut untuk mengintai kebo balar saat menjelang magrib.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Gading, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

3. Grojogan Seribu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Image Credit: Travelingyuk.com

Panggung wisata kedua yang bisa Anda kunjungi di Solo adalah Grojogan Sewu Tawangmangu yang terkenal sebagai ekopariwisata. Anda akan disuguhkan maka dari itu pemandangan air terjun nan ki mengasah ketika berkunjung kesini. Dikelilingi oleh tebing yang plonco, gelanggang ini sangat sekata Anda kunjungi bakal meragamkan kejenuhan Kamu.

Belaka dengan Rp. 18.000, Engkau boleh memasuki pelancongan duaja yang menyegarkan mata ini. Lokasinya pun tak jauh dari pusat daerah tingkat Eksklusif. Cuma berjarak selama 37 km terbit ii kabupaten, Anda dapat menuntut ganti rugi perjalanan menggunakan besikal pentolan alias mobil.


Harga Karcis:
Rp 20.000;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Pandawa Water World Idiosinkratis Yunior

Pandawa Water World Solo Baru
Image Credit: Google Maps (Candra Kurniawan)

Hingga saat ini, waterpark merupakan riuk satu jenis tempat wisata yang banyak digandrungi para wisatawan. Pasalnya, panggung ini sangat cocok digunakan buat berlibur bersama keluarga maupun bersama imbangan teman dan saudara. Dia justru bisa menemukan kurang kian 27 wahana seru seperti wavepool, racer slide dan kunci children & toddler pool di tempat ini.

Begitu juga namanya, pelancongan yang bertemakan pemrakarsa pewayangan ini menghadirkan perpaduan konsep budaya dengan nuansa modern. Anda bahkan boleh menikmati berbagai fasilitas menarik yang dihadirkan. Tentunya Pandawa Water World Tunggal Plonco memiliki akal masuk sangat mudah, yang dapat dijangkau menunggangi kendaraan umum atau alat angkut pribadi.


Harga Tiket:
Rp 80.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

5. Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu
Image Credit: Panduanwisata.id

Tempat wisata ketiga nan boleh Anda kunjungi adalah Pasar Antik Triwindu yang terwalak di Kronologi Diponegoro Surakarta. Kerumahtanggaan pasar ini terdapat banyak sekali dagangan-produk antik yang pastinya menjadi sasaran empuk bagi Anda yang menyukai dagangan lawas. Kendati begitu, Anda pun harus bermartabat-sopan telik dalam memilih barang antik tersebut karena yakni barang second.

Engkau juga boleh melakukan penawaran sebelum membeli, seperti layaknya di pasar tradisional. Barang-barang yang terhidang antara bukan lukisan historis, uang jasa jenis lawas, koin, kain batik, wayang, sampai onderdil jaman dulu.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Bahan:
Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

6. Dalem Kalitan

Dalem Kalitan
Image Credit: Google Maps (Indah Kurniawaty)

Tentunya, Anda kembali bisa menikmati wisata budaya di Solo dengan mengunjungi Dalem Kalitan. Arena wisata yang satu ini yakni peninggalan Aji Pakis Buwono X yang berfungsi sebagai tempat berkumpul anak bini. Gelanggang nan satu ini bahkan memiliki nuansa yang sejuk dan nyaman untuk mengamalkan berbagai aktivitas.

Ketika mengunjungi Dalem Kalitan, Anda harus memencilkan kartu identitas di biro penjagaan. Kemudian, Anda bisa menikmati berbagai keindahan album yang dihadirkan dengan melihat rumah bagian pendopo, pringgitan dan senthong. Rumah bersejarah ini mempunyai ciri khas jawa dengan bab patera safi nan berpahat dan semberap gamelan jawa.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Timuran, Penumping, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Perdua.

7. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman
Image Credit: Engrasia.com

Bekas wisata berikutnya yang dapat Ia kunjungi di Solo yakni Kampung Menulis Kauman yang terletak di kiat kota Tunggal. Kampung Batik ini merupakan tempat yang wajib Ia kunjungi jika semenjana melawat ke Spesial. Apalagi kalau Anda adalah seorang yang menyukai segala hal tentang menulis.

Tentunya semua batik di Kampung Menggambar Kauman ini dibuat dengan tangan sendiri atau homemade. Enggak heran seandainya harga satu gaun batik di sini dahulu fantastis. Pelanggan dari tempat ini sekali lagi umumnya berasal dari asing kewedanan yang sudah terban hati mengawasi kegagahan batik sintetis Kampung Menulis Kauman ini.


Harga Karcis:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Cakra, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

8. Pasar Klewer

Pasar Klewer
Image Credit: Google Maps (sendal kiri channel)

Pasar nan biasa dikenal umpama tempat berbelanja ini juga bisa menjadi destinasi wisata menyeret setelah berangkat di Kota Solo. Pasar klewer bahkan memiliki sejarah tahapan nan unik lakukan dinikmati. Pasalnya, pasar ini juga cerbak disebut Pasar Slompretan karena memanfaatkan tempat pemberhentian kereta yang susunan digunakan plong zaman pendudukan Jepang.

Pasar yang berada di Jalan DR. Radjiman Nomor 54, Ii kabupaten Surakarta ini menghadirkan beraneka rupa komoditas khas Kota Solo yang bisa Anda nikmati di tempat maupun dijadikan sebagai maka dari itu-oleh. Tentunya, heterogen tiras menggambar dan berjenis-jenis kuliner khas bisa Anda cicipi di sini. Pasar Klewer bahkan kembali dilengkapi dengan lift dan tangga berjalan nan bisa memudahkan Ia bagi mengeksplor.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Paruh.

9. Taman Cerdas

Taman Cerdas
Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Salah satu tempat wisata nan perlu Dia kunjungi di Kota Solo adalah sebuah taman nan dijuluki Taman Cerdas. Taman ini tersebar di beberapa kelurahan di Singularis, riuk satunya ialah di kelurahan Jebres. Taman ini sangat spesifik dan juga mengedukasi siapa semata-mata yang mengunjunginya.

Taman seluas 2000 meter persegi ini mempunyai banyak permainan bikin anak-anak dan juga fasilitas untuk turunan dewasa. Contohnya seperti media lukisan 3D yang punya 4 tema berbeda.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. Pintu Hajar Dewantara RT02/RW25, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

10. Masjid Al-Wustho Mangkunegaran

Masjid Al-Wustho Mangkunegaran
Image Credit: Google Maps (Nova Ariyanto)

Gedung historis yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara 1 ini sekali lagi menghadirkan bengunan yang enggak kalah apik. Gedung yang dihadirkan dengan tembok luar berupa kuncup ini merupakan perpaduan arsitektur belanda dan jawa. Tentunya, Engkau bisa mengunjungi tempat nan satu ini dengan mudah di Perkembangan R.A Kartini No. 3 Ketelan, Surakarta.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Jl. Kartini No.3, Ketelan, Kec. Banjarsari, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

11. Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran
Image Credit: Siskanurifah.wordpress.com

Istana yang ini memang banyak didatangi para wisatawan.  Sejumlah arena yang bisa Anda kunjungi diantaranya Ndalem Ageng, Keputren ataupun Balewarni, Pendopo Ageng, dan Pracomoyoso.

Tiket masuknya sendiri suntuk murah bagi Dia ialah layak dengan membayar harga Rp 10.000. Bangunan pada kastil ini memang berarsitektur layaknya tersendiri Eropa. Tentunya itu semua menjadi gerendel tarik tersendiri bagi Anda.


Harga Karcis:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

12. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional
Image Credit: Instagram.com @rul.f_

Gelanggang wisata bersejarah yang satu ini merupakan keseleo satu auditorium pertemuan nan telah dibangun sejak Pemerintah Mangkunegara VII, yakni pada musim 1918. Dulunya, bangunan yang satu ini memiliki logo Societeit Sasana Soeka. Dan kancah bersejarah tersebut, pernah menjadi tempat radio publik pertama nan suka-suka di Indonesia.

Tentunya, Sira boleh menikmati sasaran wisata yang satu ini untuk menilik beraneka macam tamadun terkait pewartaan Indonesia. Monumen Pers Kewarganegaraan justru termasuk panjar budaya nan dilindungi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Anda tentu bisa menikmati berbagai barang antik, pusparagam buku tentang pewartaan dan kenyataan terkait pengambil inisiatif pers nasional.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

13. Dam Karet Tirtonadi

Bendung Karet Tirtonadi
Image Credit: Surakarta.go.id

Didalam Bendungan ini terserah sejumlah arena yang mesti Anda nikmati. Mulai berpangkal wisata air, bangku-bangku yang terletak di pinggir tebat, lampu taman, serta keretek tugu keris dan jambatan kaca.

Wisata Bendungan ini lagi menyediakan tempat kerjakan memancing tanpa dikenakan biaya sepersen juga. Pastinya bekas ini akan menakjubkan bagi Anda sehabis selesai mengunjunginya.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Gilingan, Kec. Banjarsari, Daerah tingkat Surakarta, Jawa Tengah.

14. Museum Prasejarah Cluster Dayu

Museum Prasejarah Cluster Dayu
Image Credit: Google Maps (Dwi Isti Nadiaroh)

Kancah wisata yang satu ini memiliki konsep edukasi tersapu prasejarah kuno. Museum nan terdiri dari berbagai fosil ini merupakan bukti adanya manusia purba yang pernah tinggal di Sangiran. Pasalnya, sisa purba-fosil yang dihadirkan di museum ini yaitu babak berasal fosil yang dimiliki maka itu anak adam purba Homo Erectus.

Museum nan dihadirkan buat edukasi ini merupakan panggung bikin gaplok hasil penelitian di kawasan cekram budaya Sangiran. Konstruksi yang dihadirkan di museum ini juga berbentuk berundak dan berlembah atau mengimak kontur tanah. Tentunya, tulangtulangan konstruksi tersebut disajikan laksana contoh lapisan persil 100 ribu masa hingga 1,8 miliun tahun lalu.


Harga Karcis:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Dayu, Kec. Gondangrejo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

15. Serasah Jumog

Air Terjun Jumog
Image Credit: Pegipegi.com

Air ambau ini boleh dibilang seumpama suraloka nan tersembunyi dan dijamin Sira akan takjub dengan pemandangannya. Karena terdapat di lereng Ancala Lawu tentunya bekas ini sangat dingin dan sejuk sekali.

Didalamnya terdapat tambak air terjun, jungkat jungkit, gazebo, lenggang, kolam bikinan koordinator, warung jajanan, dan sebagainya.  Biaya timbrung ke objek wisata alam di Distingtif ini lalu murah yakni Rp 5.000.


Harga Kartu:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl.dk berjo Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

16. Astana Giribangun

Astana Giribangun
Image Credit: Google Maps (Astana Giribangun)

Umumnya, kancah wisata yang satu ini adalah mania pemakamanan Presiden RI Ke-2 yang caruk menjadi favorit para peziarah. Lokasi Astana Giribangun yang berlimpah pada ketinggian 660 mdpl ini menghadirkan nuansa damai dan hening. Apalagi, tempat ini sekali lagi menghadirkan bangunan kuno yang menghadirkan aura positif yang menakjubkan.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

17. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe
Image Credit: Pegipegi.com

Bekas ini sebelumnya yaitu bekas pabrik sakarosa yang sekarang digunakan sebagai tempat wisata. Dengan bangunan yang menyerupai kecenderungan Eropa ini merupakan daya tarik koteng bagi publik luas.

Harga karcis masuknya termuat murah namun Rp 25.000 Engkau pasti akan disuguhkan panorama-panorama terbaik yang ada didalamnya. Didalam de tjolomadoe ini terwalak banyak situasi yang boleh Engkau kunjungi seperti mesin tebu raksasa, café besali, toko goela dan bukan-lain.


Harga Tiket:
Rp 25.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

18. Pasar Gede

Pasar Gede
Image Credit: Instagram.com @muktitri_

Pasar Gede juga memiliki kancing tarik spesial bakal dikunjungi apabila Engkau bertandang ke negeri Solo. Pasar yang biasa disebut sebagai Pasar Gede Harjonagoro ini ialah pasar tertua nan terdapat di Kota Surakarta. Pasalnya, tempat pelancongan nan satu ini juga berdekatan dengan Kantor Regen Solo dan Keraton Kasunanan Surakarta.

Salah satu muslihat tarik yang dihadirkan oleh pasar ini yakni pondasi bangunan yang menyusunnya. Konstruksi tunggal faktual perpaduan arsitektur Belanda dan Jawa ini menghasilkan tampilan yang amat menarik. Selain itu, Beliau juga bisa menikmati beraneka ragam hidangan legendaris yang banyak dijajakan di pasar tersebut.


Harga Kartu:
Percuma;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta

19. Tasik Madirda

Telaga Madirda
Image Credit: Eksapedia.com

Wadah wisata berikutnya ialah Telaga Madirda yang mempunyai pemandangan berpokok bukit yang asri dan mempesona. Telaga ini terletak di wilayah Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar.

Di tempat ini, Anda dapat dengan leha-leha menikmati hari cuti Engkau ditemani dengan pemandangan asing biasa ini, dipastikan kejenuhan Dia hilang seketika. Air semenjak telaga sekali lagi sangat bening, takhlik vakansi Anda semakin berkesan.


Harga Kartu:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Bahan:
Berjo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

20. Ponten Ngebrusan

Ponten Ngebrusan
Image Credit: Google Maps (Nova Ariyanto)

Kredit atau biasa disebut fasilitas mandi cuci kakus alias MCK ini adalah bangunan peninggalan Syah Mangkunegara VII. Bangunan yang sudah tua dan kokoh ini justru memiliki nuansa yang apik karena didominasi warna putih. Bahkan, konstruksi yang satu ini sekali lagi dihadirkan dengan perpaduan arsitektur belanda dan modern nan lewat cantik.

Ponten Ngebrusan bersejarah ini karuan menjadi salah satu tempat tamasya menarik untuk dikunjungi. Ponten nan telah dibangun sejak 1937 ini bahkan sudah mengenalkan sanitasi modern. Selain itu, bangunan apik yang dihadirkan juga telah menjadi salah suatu spot foto ciamik yang banyak diburu. Riuk satunya foto pre-wedding.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Ngebrusan, Kestalan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

21. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta
Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tempat minimum terkenal di Singularis ialah Keraton Kasunan Surakarta yang merupakan tempat historis yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Ada beberapa peraturan yang harus Beliau taati ketika berkunjung kesini. Dan semua itu harus ditaati karena mileu Puri suntuk dijaga. Anda boleh berkunjung di tahun Senin hingga Kamis pada jam 9 pagi setakat 2 siang.


Harga Tiket:
Rp 8.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Perdua.

22. Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu
Image Credit: Kompas.com

Bagi Anda pecinta ekopariwisata, Geopark Godaan Seribu karuan menjadi objek pariwisata yang dahulu direkomendasikan. Tamasya yang memiliki pemandangan alami ini memberikan sensasi sejuk dan menenangkan. Begitu juga, Anda juga bisa menemukan sumur air di Rangkaian gunung Rayuan Seribu alias bisa dikenal dengan nama Perigi Pacinan.

Wisata umbul-umbul yang terdiri mulai sejak bukit dan pegunungan berbatu ini menjadi ide unik untuk menyerahkan pencadangan pada wisata ini. Sayangnya, Sira harus menempuh perjalanan 1,5 km dengan jalan yang curam bikin tiba di wilayah ini. Kendati demikian, tamasya yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan palagan berkemah dan menikmati kegantengan alam.


Harga Karcis:
Rp 2.000;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Gentan, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

23. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Image Credit: Pesona.travel

Objek Wisata di Individual berikutnya yakni Pura Mangkunegaran nan terdapat di kewedanan Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Tempat ini mempunyai arsitektur bangunan yang menawan. Bukan saja itu, Anda juga bisa menikmati koleksi benda-benda seni yang di pampang disana.

Arena ini telah menggermang sejak tahun 1757. Dibangun dengan sentuhan arsitektur tradisional Jawa dan Eropa makanya KGPAA Mangkunegara II.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

24. Stadion Manahan

Stadion Manahan
Image Credit: Google Maps (Aji Irawan)

Bagi pecinta bola kaki, pasti sudah tidak asing lagi dengan gelanggang yang satu ini. Stadion Manahan yang populer perumpamaan stadion sepak bola terbaik di Indonesia memang layak untuk dikunjungi. Selain itu, tempat nan satu ini pula menghadirkan plural kemudahan olahraga lain sebagaimana lapangan bola keranjang, jogging track, alun-alun futsal dan alun-alun sepeda balap.

Mengunjungi Stadion Manahan tentu bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Selain menemukan berbagai gerombolan dari aktivitas gerak badan, tempat ini pun dipenuhi dengan pasar dadakan nan boleh Beliau temui pada hari Minggu, sehingga sering disebut Sunday Market. Tentunya, pasar ini banyak menjual berjenis-jenis barang seperti pakaian, alat elektronik, induk bala dan lainnya.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. Adi Sucipto No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

25. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari
Image Credit: Nusantaranews.co

Palagan wisata berikutnya yakni Taman Sriwendari yang ialah taman dengan atraksi seni yang memukau. Tak heran takdirnya taman ini dikenal sebagai THR ataupun Taman Hiburan Rakyat. Terwalak berbagai pertunjukan yang telah disediakan, seperti wayang kelitik orang, dance, pentas musik, dan bukan sebagainya.

Taman ini berada di Jl. Brigjend Slamet Riyadi wilayah Laweyan Surakarta. Bukan hanya pertunjukan, taman ini lagi punya beragam kemudahan seru yang dapat terserah nikmati bersama keluarga atau kawan-kawan.


Harga Tiket:
Rp 7.000;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

26. Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo
Image Credit: Wisatainfo.com

Enggak belaka itu, tamasya yang satu ini lagi menghadirkan keanggunan alami cak bagi Anda nikmati. Anda bahkan akan langsung dimanjakan dengan berbagai keelokan pemandangan sejak melintasi pintu ikut. Selain itu, Anda kembali bisa menikmati berbagai kemudahan begitu juga mushola, pos penjagaan pandang dan warung yang menemati Anda menuju air terjun parang ijo.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Objek:
Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Perdua.

27. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market
Image Credit: Rentalmobiljogja.id

Tempat wisata berikutnya adalah Ngarsopuro Night Market yang memanjakan Ia dengan tempat membeli-beli. Tak hanya membeli-beli, destinasi ini juga pas buat Sira pecinta kuliner. Tatanan pasar malam ini lalu unik dan lagi rapi, bagaikan Orchied Road Singapura yang menjebloskan.

Terwalak di Jl. Diponegoro Surakarta, tempat ini dapat Kamu kunjungi di periode santai vakansi Sira bakal membeli makanya-makanya sekaligus makan malam. Urai setiap sabtu pada jam 4 sore sampai 11 lilin lebah, ada pun akan merasakan sensasi malam mingguan yang tidak terbangkalai.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

28. The Heritage Palace

The Heritage Palace
Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Merupakan suatu destinasi pariwisata ala eropa nan pastinya gaduh akan wisatawan, baik berpunca lokal maupun asing. Harga karcis masuk berpokok wisata ini seharga Rp 55.000 yang pastinya Anda sudah lalu dapat menikmati seluruh wahana didalamnya.

Museum angkutan yang berisi beberapa mobil antik, museum 3D, omah walik, museum transportasi, spot selfie yang menyeret. Semua itu sudah dapat Anda kunjungi dan tentunya dijamin akan terpesona melihat keindahan didalamnya.


Harga Tiket:
Rp 45.000;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo.

29. Lokananta Recording Audio & Video Cassette

Lokananta Recording Audio & Video Cassette
Image Credit: Google Maps (hilman handoni)

Sekiranya Kamu tertarik dengan dunia irama, tempat nan satu ini sangat direkomendasikan. Sebab Lokananta Recording Audio & Video Cassette, memiliki peran terdepan terhadap urut-urutan musik di Indonesia. Tentunya, medan yang sudah lalu ditetapkan ibarat panjar budaya ini juga banyak menghadirkan musik nan terkenal pada era 1960 hingga 1990 an.

Sebagai perusahaan musik pertama yang remang sejak 1956, Lokananta memiliki produk berupa piringan hitam dan cassette audio. Tentunya, Anda akan dikejutkan dengan benda bersejarah seperti gulungan pita memori dan berbagai lagu-lagu bersejarah nan telah dihadirkan internal bentuk compact disk. Selain itu, Beliau pula akan menemukan berbagai antologi mesin nan nikah digunakan Lokananta.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. A. Yani No.379, Kerten, Kec. Laweyan, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

30. Candi Cetho

Candi Cetho
Image Credit: Happytour.id

Cocok bagi Anda yang menyukai wisata religi dan budaya. Didalam candi ini banyak terdapat warisan-peninggalan jaman adv amat yang tentunya idiosinkratis untuk Engkau.

Harga tiket masuknya seharga Rp 7.000 yang tentunya sangat murah untuk Engkau semua. Candi ini berarsitektur Hindu dan Nusantara. Subur di keagungan 1496 mdpl, menjadikan candi ini sebagai keseleo suatu candi tertinggi di Indonesia.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Cetho, RT.01/RW.03, Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Jawa Paruh.

31. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan
Image Credit: Google Maps (Wisata Ardi Sekipan Tawangmangu)

Gelanggang yang pernah dijadikan sebagai tempat les TNI pada zaman Belanda ini sudah lalu melahirkan objek wisata ciamik bagi dikunjungi. Perpaduan wisata umbul-umbul dengan nuansa beradab ini menghasilkan berbagai akomodasi menarik. Begitu lagi, kehadiran pemandangan yang mulia dan bermacam rupa spot foto adalah daya tarik khusus.

Tidak sekadar itu, pariwisata yang satu ini juga menawarkan plural permainan bertamadun yang bisa menyayangi kelepasan Engkau dan keluarga. Wahana yang dihadirkan di kancah ini juga sangat cocok cak bagi dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa. Tentunya, Beliau saja membutuhkan kantong mulai berusul 50.000 saja untuk menikmati berbagai kemudahan yang ada.


Harga Tiket:
Rp 60.000;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Perdua.

32. Bendungan Colo

Bendungan Colo
Image Credit: Jatengdaily.com

Kolam ini memiliki keefektifan utama bak silsilah pengairan perkebunan. Paling menonjol ialah adanya tatanan beton berbentuk kotak yang ada dibawah bendungan yang akan menjadikan taktik tarik.

Didalamnya terdapat tempat selfie, tempat nongkrong, jajanan pentol dan masih banyak lagi. Untuk biaya masuknya ini cukup istimewa karena Beliau tidak perlu merogoh saku alias cuma-cuma.


Harga Karcis:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Pengkol, Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

33. Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Agrowisata Sondokoro Karanganyar
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Tempa tamasya selajutnya adalah Agrowisata Sondoroko Karanganyar nan awalnya merupakan kawasan industri gula. Terletak di Jl. Mangkunegara Surakarta, kancah ini berada di intim pusat kota Solo. Cak agar akrab dengan pusat kota, tempat ini merupakan kewedanan yang rindang karena banyak dengan pepohonan.

Selain nyaman bakal dijadikan tempat duduk santai, bekas ini pula mempunyai banyak fasilitas sebagai halnya terapi ikan, kolam renang, flying fox, pijat refleksi, dan lainnya. Anda dapat mengunjunginya setiap hari di jam 8 pagi hingga 5 burit.


Harga Kartu:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Bahan:
Jl. Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah.

34. Trans Studio Mini Solo

Trans Studio Mini Solo
Image Credit: Google Maps (Tomy Baja)

Begitu pula, Ia lagi bisa menikmati berbagai wahana menyenangkan di Trans Bengkel seni Mini Solo. Mangsa wisata tersebut bahkan dapat Anda temui di Transmart Pabelan Sukoharjo. Anda justru bisa menikmati berbagai alat angkut seru bersama keluarga seperti bumper car, roller coaster, skyscraper, swinger dan berbagai spot foto menyentak.

Trans Padepokan Mini Solo ini juga menyisihkan area leha-leha dan food court ketika Dia lelah dan lapar setelah berperan. Tentunya, Anda hanya teradat mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau untuk menikmati berbagai fasilitas yang dihadirkan. Selain itu, Anda pun bisa menikmati film menarik karena arena yang satu ini berapatan dengan CGV Cinemas.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

35. Kebun Dabat Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug
Image Credit: Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tempat wisata berikutnya ialah Tipar Binatang Taru Jurug yang berkonsep edukasi bersama alam. Tegal sato ini bisa Anda jadikan palagan sparing sekalian rekreasi yang seru bersama momongan maupun kemenakan Kamu. Terdapat banyak koleksi satwa nan ada seperti zirafah, komodo, zebra, gajah dan lain sebagainya.

Tak belaka koleksi binatang, kebun hewan ini juga memiliki antologi pepohonan susah seperti eru, akasia, pinus, dan lain sebagainya. Anda dapat berkunjung ketempat edukatif ini di Jl. Ir. Sutami nomor 109, Surakarta.


Harga Kartu:
Rp 20.000;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Jl. Ir. Sutami No. 109, Jebres, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Perdua.

36. Manjapada Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan
Image Credit: Yukpiknik.com

Panggung wisata berikutnya adalah Bumi Perkemahan Sekipan nan terdapat di Desa Kalisoro daerah Karanganyar. Meski berjudul Bumi Perkemahan, tempat ini meluangkan waterpark yang akan melengkapi liburan Engkau. Ditambah lagi, tersedia villa nan bisa dijadikan opsi untuk Anda yang tidak ingin mendirikan tenda.

Tidak doang itu namun, ada majemuk kemudahan wisata yang disediakan bakal pengunjung. Contohnya sebagaimana Kampung Halloween dan Rumah Papua yang sayang kalau dilewatkan.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Mangsa:
Desa Kalisoro, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

37. Zawiat Laweyan

Masjid Laweyan
Image Credit: Google Maps (Jamuna Ulfah)

Tempat tamasya yang satu ini lagi enggak kalah saing dengan nan lainnya. Masjid Laweyan bahkan merupakan musala pertama yang ada di negeri Surakarta. Bangunanannya sendiri terbentuk dengan perpaduan antara arsitektur jawa dan hindu. Masjid tersebut malah rajin menjadi tempat para peneliti singgah bakal mempelajari sejarah yang terkandung di baliknya.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Jl. Liris No.1, Belukan, Pajang, Kec. Laweyan, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

38. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi
Image Credit: Wisatanegeri.com

Kancah wisata berikutnya ialah Museum Batik Danar Hadi. Museum ini memiliki beraneka ragam koleksi menulis berpunca seluruh Indonesia. Tentunya paradigma dengan berbagai corak dari warna klasik sampai kontemporer.

Tak doang menyibuk berbagai koleksi menggambar, Engkau juga dapat melihat langsung proses pembatikan tersebut. Jika terpincut mengunjungi tempat ini, Engkau dapat pergi ke Jl. Brigjend Slamet Riyadi nomor 261 Surakarta.


Harga Tiket:
Rp 35.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Paruh.

39. Tugu Lilin

Tugu Lilin
Image Credit: Ahmedfikreatif.wordpress.com

Tempat wisata berikutnya ialah Tugu Parafin yang terwalak di pertigaan Jl. Joko Tingkir, Jl. Slamet Riyadi Makamhaji, dan Jl. Dr. Radjiman. Tugu ini ialah ikon Kota Individual yang bertambah dikenal ibarat Tugu Kebangkitan Kebangsaan. Kejadian tersebut dikarenakan tugu tersebut dibangun pada peringatan ke-25 Hari Kebangkitan Nasional di masa 1933.

Spot tugu ini n kepunyaan jago merah lilin di atasnya yang melambangkan perjuangan rakyat yang tidak pernah padam sebatas kapanpun. Anda pun dapat menggunakannya sebagai latar belakang untuk cekut buram untuk dijadikan kenang-kenangan.


Harga Karcis:
Prodeo;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Penumping, Kec. Laweyan, Kab. Surakarta, Jawa Perdua.

40. Loji Gandrung

Loji Gandrung
Image Credit: Google Maps (Eko Susanto)

Pariwisata lain yang juga banyak mengandung rekaman untuk dipelajari yaitu Loji Kompulsif. Loji Gandrung yang punya keistimewaan sebagai Flat Biro Walikota Solo ini, menghadirkan bangunan bernuansa indis atau perpaduan eropa dan budaya lokal jawa. Tentunya, bangunan ini memiliki nuansa luhur yang dihadirkan.

Tak hanya itu, bangunan yang satu ini bahkan pun pernah menjadi Markas Brigadir V dan palagan pertemuan kerjakan menghadapi Belanda. Selain itu, bangunan tersebut juga kekeluargaan dijadikan laksana tempat cak bagi acara makan besar. Sehingga banyak masyarakat yang menyebutnya andai gandrungan, hingga ketika ini pelancongan tersebut memiliki nama Loji Gandrung.


Harga Tiket:
Rp 3.000;
Map:


Cek Lokasi



Mangsa:
Jl. Slamet Riyadi, Penumping, Kec. Laweyan, Daerah tingkat Surakarta, Jawa Tengah.

41. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tempat tamasya berikutnya ialah Museum Radya Pustaka yang terletak di Jl. Brigjend Slamet Riyadi Surakarta. Dibangun tahun 1890 dan dipindah lokasi tahun 1913, museum ini penuh dengan sejarah dari Keraton Mataram. Dia boleh melihat beberapa peninggalan berpangkal zaman Mataram seperti reca, klonengan, peninggalan Hindu Budha, keris, dan tidak sebagainya.

Tak hanya itu saja, museum ini juga menyimpan benda yang berkaitan dengan Kota Solo itu sendiri. Seperti mana porselen antik dari Napoleon Bonaparte nan diberikan kepada Susuhunan Pakubuwono V.


Harga Karcis:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Perdua.

42. Kebun Strawberry Karanganyar

Kebun Strawberry Karanganyar
Image Credit: Kabarnesia.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Kebun Strawberry yang terletak di Desa Kalisoro provinsi Karanganyar ini. View yang disuguhkan juga lain dolan. Engkau dapat melihat area luas nan hijau yang dikelilingi makanya kebun strawberry.

Kebun 2000 meter persegi tersebut dapat kita kelilingi sepuas lever. Anda juga bisa meradak biji kemaluan strawberry dan langsung memakannya karena aman dari obat-obatan.


Harga Karcis:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

43. Edupark Intan Padi

Edupark Intan Pari
Image Credit: Twitter @eduparkkra

Tempat wisata selanjutnya adalah Edupark Intan Pari yang terletak di provinsi Gatot Subroto desa Gaum Karanganyar. Sesuai dengan namanya, taman ini penuh dengan fasilitas yang mengedukasi. Hal tersebut karena adanya pesawat safi tipe Boeing 737-300 dan helikopter variasi Bolco yang boleh Sira lihat secara hampir.

Selain itu, terdapat pula tebat renang yang menjadi pelepas lelah sesudah berkeliling di taman edukatif ini. Jangan lupa untuk mengabadikan detik disana dengan satah pinggul pesawat dan helikopter yang keren.


Harga Tiket: Rp 7.000;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

44. Musala Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta
Image Credit: Instagram.com @nisaulfa_

Sajadah Agung Surakarta yang dikenal dengan nama Keraton Spesial ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Musala yang berada di sekitar alun-alun lor ini menyerahkan dampak besar terhadap penyebaran agama islam di Solo. Sedemikian itu pula, masjid yang satu ini juga terus mengalami pembaharuan bertahap sebaiknya bisa digunakan layaknya musala pada rata-rata.

Surau Agung Surakarta bahkan juga dilengkapi dengan berbagai akomodasi dengan bermacam rupa fungsi yang berbeda. terdapat poliklinik, perpustakaan dan serambi nan dihadirkan oleh tuan maupun pengurus bandarsah. Anda bahkan boleh mengunjungi tempat ini cak bagi mengarifi sejarah yang tersimpan di kerumahtanggaan Masjid Agung Surakarta.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Great Mosque Street No.1, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Perdua.

45. Candi Sukuh

Candi Sukuh
Image Credit: Detik.com

Tempat tamasya satu ini merupakan bangunan bersejarah yang bernama Candi Sukuh. Letaknya kreatif di desa Berjo daerah Karanganyar. Ditemukan oleh Johnson di musim 1815, candi ini merupakan jenis Candi Hindu yang tercatat sebagai salah satu peninggalan mayapada. Peristiwa tersebut berdasarkan ajuan dari UNESCO di perian 1995.

Candi ini adalah candi yang cukup mengundang kontroversi. Pasalnya, terserah relief yang cukup vulgar untuk dilihat maka dari itu anak asuh-anak. Copot dari itu, candi berbentuk trapesium ini sangat digemari makanya para wisatawan. Mereka tertarik akan susuk individual nan ditawarkan maka dari itu candi kuno nan satu ini.


Harga Tiket:
Rp 7.000;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Tambak Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

46. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah
Image Credit: Gubugkecilsangentung.pukat

Agrowisata Amanah ialah riuk suatu bekas wisata di Solo nan sangat direkomendasikan untuk Sira. Gelanggang ini merupakan tempat edukatif bikin mengajarkan banyak keadaan kepada anak atau keponakan Anda. Engkau dapat berkelah refleks menikmati banyak kemudahan yang sudah tersedia kerjakan pengunjung.

Terdapat sekali lagi penginapan yang disediakan untuk keluarga. Di sekitarnya sekali lagi banyak terwalak palagan maka yang murah dan lezat. Selain itu, Anda kembali dapat menikmati aktifitas outbond nan sudah cawis. Setelah puas bermain, Anda dapat menentramkan awak Kamu di kolam renang. Sira wajib mengunjungi tempat ini di Jalan Tawangmangu kilometer 34 Karanganyar.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Raya Distingtif – Tawangmangu, Karangpandan, Karang Wetan, Kab. Karanganyar, Jawa Perdua.

47. Museum Keris Solo

Museum Keris Solo
Image Credit: Google Maps (Dhani Prasetyo)

Budaya yang sangat kental di kawasan ini juga menghadirkan beraneka rupa jenis keris yang bisa Anda pelajari. Museum yang satu ini bahkan memiliki 1001 variasi keris yang sering dikirim kerjakan keliling Kota Tersendiri. Tak hanya itu, museum ini juga menghadirkan Warisan Kepala negara Joko Widodo yang memiliki nama bukan Kyai Tengara sebagai ikon dalam acara kirab tersebut.

Penataan keris dan benda pusaka lainnya disusun dengan segeh di n domestik rubrik. Kamu bahkan bisa melihat video optis nan dihadirkan. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari berbagai keris dengan mengunjungi objek wisata yang satu ini. Tentunya, Museum Keris Khas juga menghadirkan ruangan pusat penataran keris untuk Anda.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

48. Yojana Hutan Rakyat

Taman Hutan Rakyat
Image Credit: Infohotelmurahkan.blogspot.com

Tempat pariwisata berikutnya dikenal dengan segel Tahura atau Taman Wana Rakyat yang terletak di kewedanan Sukuh Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Banyak hal nan dapat dilakukan di Tahura ini selain rekreasi, diantaranya ialah perkemahan dan kembali pendalaman. Hal tersebut dikarenakan area ini mempunyai beragam macam hewan dan juga vegetasi nan dapat Engkau nikmati. Pemandangannya sekali lagi tak kalah bagus, karena Sira disuguhkan pataka yang begitu asri.

Karena jalan yang Anda kompensasi ke gelanggang ini menanjak, Anda membutuhkan hari sekitar 1,5 jam terbit Kota Solo. Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan mobil amupun kendaraan bermotor.


Harga Tiket:
Rp 2.500;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Girimulyo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

49. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg
Image Credit: Pesona.travel

Pelecok satu tempat wisata nan boleh Anda kunjungi di Solo ialah Benteng Vastenburg. Benteng bersejarah ini terdapat di Urut-urutan Jenderal Soedirman daerah Kedung Lumbu, Surakarta. Destinasi pariwisata kali ini menyajikan pusaka zaman Belanda yang sudah ada sejak 1779. Benteng ini dulunya merupakan tempat untuk mengontrol Pemerintah di Keraton Surakarta.

Pemandangan ala kolonial Belanda masih silam tertentang di area benteng, karena wilayah ini memang dibuat provinsi edukatif guna mempelajari album. Karena selain bakal mengontrol Tadbir, baluwarti ini pula berfungsi sebagai tempat penyiksaan nasion Indonesia.


Harga Tiket:
Rp 2.000;
Map:


Cek Lokasi



Mangsa:
Kedung Lumbu, Kec. Pasarkliwon, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

50. Basilika Santo Antonius Purbayan

Gereja Santo Antonius Purbayan
Image Credit: Google Maps (rony wijaya)

Berjalan-urut-urutan di Daerah tingkat Solo memang dapat membentuk Anda dimanjakan dengan bermacam-macam wisata kuno. Bangunan Dom Santo Antonius Purbayan ini lagi menyimpan banyak sejarah adapun jalan agama Katolik. Pasalnya, bangunan katedral yang satu ini pun termasuk salah satu uang kancing budaya yang dilindungi.

Mengunjungi pelancongan nan suatu ini dapat membentuk terserah dimanjakan dengan bangunan gencar yang sudah berumur lebih dari satu abad. Gereja Santo Antonius Purbayan ini pula memiliki ciri bangunan lonceng dan gereja pastoran sebagai ciri eksklusif warisan Belanda. Tentunya, bangunan yang suatu ini juga masih aktif dijadikan sebagai ajang peribadatan.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Arifin No.1, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Perdua.

51. Museum Hamba allah Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran
Image Credit: Indonesia.go.id

Destinasi wadah wisata berikutnya ialah Museum Manusia Purba Sangira nan terletak di daerah Kalijambe Kabupaten Sragen. Negeri ini ki berjebah tepat di kaki Ardi Lawu, yang berjarak sekitar 17 km pecah distrik kota. Tempat wisata ini pun yaitu salah satu situs peninggalan mayapada yang dibina oleh UNESCO. Hal tersebut dikarenakan ajang ini adalah tempat edukatif yang pun dijadikan sebagai palagan penelitian tentang pra rekaman.

Museum ini merupakan museum yang terlengkap, baik di Asia maupun bumi. Tak heran sekiranya para turis mancanegara sering mengunjungi museum ini. Fosil yang disediakan lagi memadai abstrak, seperti fosil-fosil berusul manusia purba, binatang purba, dan lain sebagainya. Kemudahan untuk peziarah pun sepan banyak. Seperti ruang audio visual, gardu pandang sangiran, kios souvenir, ira pameran, dan lain sebagainya.


Harga Tiket:
Rp 8.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

52. Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum
Image Credit: Google Maps (gelombang listrik alfa)

Introduksi private yang digunakan oleh museum yang satu ini menyebabkan Tumurun private Museum tak boleh dikunjungi oleh siapa-siapa. Pasalnya, museum yang satu ini adalah museum pribadi yang dimiliki anak perusahaan tekstil PT Sritex. Pendirian museum ini merupakan wujud penghormatan kepada sang ayah sebagai penikmat karya seni.

Dengan mengunjungi tempat yang satu ini, Anda karuan bisa menikmati bermacam ragam karya seni yang lalu masterpiece. Anda tambahan pula bisa menikmati heterogen karya seni mulai sejak asing negeri seperti mana Amerika, Filipina, Jepang dan Singapura di tempat ini. Ibarat museum pribadi, Sira harus mengikuti statuta khusus untuk memasuki tempat ini.


Harga Karcis:
-;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Jl. Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

53. Galabo Solo

Galabo Solo
Image Credit: Rri.co.id

Destinasi Wisata di Distingtif berikutnya merupakan destinasi nan paling kecil diminati oleh wisatawan, yakni Galabo Tersendiri. Palagan ini menyediakan beragam pariwisata kuliner nan membangunkan selera Dia. Justru tempat ini hanya buka mulai dari jam 5 tunggang hingga 12 malam, menambah suasana keren Kota Spesial sambil menikmati kulinernya.

Disepanjang jalan, Anda akan melihat jajaran kuliner distingtif dari Idiosinkratis yang bisa Anda cicipi langsung. Terdapat live music pula nan mengiringi Anda di setiap ki perspektif nan Kamu kunjungi.


Harga Karcis:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Paruh.

54. Gereja Santa Perawan Maria Regina

Gereja Santa Perawan Maria Regina
Image Credit: Google Maps (Rosalia Dita)

Palagan wisata yang satu ini juga sangat direkomendasikan bikin dikunjungi. Pasalnya, gereja nan satu ini yakni basilika yang terbesar di Kota Unik dan sekitarnya. Beliau bahkan boleh mengunjungi panggung pariwisata religi tersebut, untuk mengetahui sejarah dan budaya nan dimiliki oleh Gereja Santa Perawan Maria Regina.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. A. Yani No.10, Tegalharjo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

55. Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari
Image Credit: Surakarta.go.id

Arena wisata yang seterusnya ialah Monumen 45 Banjarsari yang terletak di provinsi Banjarsari Ii kabupaten Tersendiri. Monumen ini merupakan ikon awam yang punya sebuah taman bernama Monjari.

Monumen ini adalah monumen historis guna mengenang ofensif Empat Hari di copot 7 hingga 10 Agustus di perian 1949. Terdapat arena bagi pedestrian, palagan bermain, air mancur, dan lagi rimba ii kabupaten disini.


Harga Kartu:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Setabelan, Kec. Banjarsari, Ii kabupaten Surakarta, Jawa Tengah.

Itulah 55 rekomendasi destinasi wisata nan suka-suka di kota Solo nan wajib Anda kunjungi untuk kelepasan. Ketampanan alam dan kemajemukan yang lampau menakjubkan dan wajib Anda kunjungi bila melintasi kota ini.

Source: https://www.javatravel.net/tempat-wisata-solo