Tempat Wisata Di Pekanbaru Yang Lagi Hits

Seandainya kamu fertil di Sumatera terutama di Kota Pekanbaru, maka berarti bagi memaklumi beberapa tempat tamasya yang ada di sana supaya dapat kamu kunjungi bersama rival atau tanggungan. Ada berbagai jenis destinasi pariwisata yang ada di Pekanbaru mulai berasal wisata alam, religi, budaya, sampai edukasi.

Banyaknya keragaman destinasi wisata tersebut menjadikan Pekanbaru banyak dikunjungi oleh wisatawan karena penasaran dengan destinasi wisata tak yang ada di kota ini. Jika kamu bepergian ke kota ini, maka terlazim untuk memaklumi beberapa lokasi wisata buat dapat dikunjungi nantinya.

Destinasi wisata yang ada di Pekanbaru menawarkan banyak keanggunan dan pesona alam yang berbeda. Lamun semacam itu, tetap saja semua destinasi tamasya akan menyerahkan rasa senang kerjakan para pengunjungnya. Di dasar ini sejumlah Tempat Wisata di Pekanbaru yang menarik.

1. Danau Buatan Lembah Sari

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Danau Buatan Tahang Sari terletak di Desa Limbungan. Desa ini berjarak sekitar 10 km berpunca pusat kota. Danau bikinan ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan sejuk sehingga kamu akan merasa tenang dan puas takdirnya menyadran ke sana.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai bendungan irigasi. Sekadar, lama kelamaan berubah menjadi destinasi wisata yang bagus dan menarik bagi dikunjungi. Disini, sira bisa melakukan kegiatan sebagai halnya piknik dengan anak bini, mendaki perahu kayuh, mendaki sepeda air, dan masih banyak pun.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Limbungan, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

2. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai
Image Credit: Instagram.com @lie_shamira

Pariwisata alam Rainbow Hills Rumbai di Pekanbaru ini menjadi salah satu spot foto kekinian terbaru yang dikunjungi banyak wisatawan. Bukit ini punya pemandangan kalimantang maujud rangkaian gunung, pepohonan dan langit biru.

Rainbow Hills Rumbai ini berasal berasal kombinasi tanah di perbukitan ini yang memiliki rupa-rupa yang menarik adalah perpaduan warna orange, pink, serdak-abu, coklat dan ditambah dengan adanya pepohonan di selingkung ancala dan background langit biru yang cerah kelihatan seperti pelangi.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Kemping, Leger Sari, Kec. Rumbai Tepi laut, Ii kabupaten Pekanbaru, Riau.

3. Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim
Image Credit: Okezone.com

Destinasi wisata yang ada di Pekanbaru berikutnya adalah Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim. Pangan raya ini sering dikunjungi wisatawan sehingga bosor makan gempita setiap harinya. Rimba raya yang cantik ini menawarkan pemandangan alam yang asri, bau kencur, dan sejuk disertai dengan pepohonan nan menjulang tahapan ke atas.

Banyak wisatawan yang pergi ke Pangan Raya Sultan Syarif Hasyim bersama keluarga cak bagi menikmati pemandangan, melepas penat, urut-urutan-jalan, dan merujukkan ingatan. Disini juga terdapat beberapa wahana permainan sehingga kamu tidak akan merasa bosan momen berlimpah di sana. Hutan raya berlokasi sekitar 23 km dari pusat kota.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Objek:
Kab. Kampar, Siak dan Pekanbaru, Riau.

4. Gunung Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam
Image Credit: Instagram.com @ray_kresno

Giri yang suatu ini merupakan bukit yang terbentuk semenjak aktivitas bekas penambangan. Pencalonan Air Hitam ini karena lokasi bukit ini berada di kawasan Air Hitam. Tempat ini secara resmi belum dikelola oleh pemerintah, semata-mata karena antusias para penduduk dan para wisatawan kini bekas ini gegap-gempita dikunjungi.

Dimana di lokasi ini ada onggokan petak membuat argo yang bercat merah, berpadu putih dan kuning gading yang tinggi dan menyerupai gisik di sekitar provinsi. Banyaknya tumpukan tanah merah di Bukit Kapur ini menyerupai labirin nan sangat unik dan selalu menjadi spot foto bagi wisatawan.

Selain dijadikan tempat pelancongan dan tempat berfoto karena pemandangan yang spesifik dan menakjubkan. Giri Kapur ini kadang digunakan dan dimanfaatkan sebagai gelanggang foto pre-wedding.


Harga Kartu:
Rp 15.000;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Ii kabupaten Pekanbaru, Riau.

5. Riau Fantasi

Riau Fantasi
Image Credit: Blog.reddoorz.com

Terletak destinasi wisata air yang cukup populer di Kota Pekanbaru yang bernama Riau Fantasi. Ajang wisata ini menjadi seleksian primadona banyak keluarga untuk menghabiskan perian liburan bersama anak. Disini, terdapat banyak sarana permainan nan bisa di coba sama dengan wave blaster, kora-kora, kelucuan mengsol, sky tower, kereta mini, dan masih banyak kembali.

Ada juga kemudahan yang disediakan di Riau Fantasi sebagai halnya mushola, wifii, bale bengong, tempat bersantap, dan toilet. Lakukan engkau nan cak hendak ke Riau Fantasi, hanya terlazim hari selama 45 menit bersumber pusat kota untuk dapat ke sana. Biaya masuknya sekitar Rp 60.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp 70.000 cak bagi hari Sabtu dan Minggu.


Harga Tiket:
Rp 60.000;
Map:


Cek Lokasi



Objek:
Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

6. Telaga Ngarai Sari

Danau Lembah Sari
Image Credit: Instagram.com @semangatpekanbaru

Danau raksasa nan awalnya adalah sebuah bendungan yang sengaja dibuat warga. Danau Lembah Pati ini ramai dikunjungi wisatawan sudah berpuluh-puluh tahun lamanya. Danau raksasa ini terbentang luas dengan 14 hektar negeri balong dan 150 hektar berwujud wilayah perairan.

Ada banyak fasilitas nan disediakan di sekitar danau ini bagi Anda nan mengunjungi. Di Danau Lembah Sari ini Anda bisa menyewa arombai sekoci atau sepeda air bagi mengelilingi danau cak bagi berfoto dengan background situ yang luas dan pepohonan di selingkung danau.

Selain itu di danau ini banyak lauk yang hayat. Lakukan Kiai-bapak yang hobi mengail, di haud ini disediakan penyewaan alat mengail sembari menghabiskan tahun dan berlibur yang bermanfaat.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Lurah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Daerah tingkat Pekanbaru, Riau.

7. Masjid Agung An-Seri

Masjid Agung An-Nur
Image Credit: Simas.kemenag.go.id

Selain destinasi alam, ada juga pariwisata religi yang ada di Pekanbaru yaitu Masjid Agung An-Kurat. Musala ini terdaftar salah suatu arena ibadah termegah dan tercantik yang ada di Kota Pekanbaru. Masjid Agung An-Nur memiliki gaya dan konsep ala India, Melayu, Turki, dan Arab sehingga bangunannya tampak cantik, megah, dan eksotis.

Jika beliau mengunjungi Masjid Agung An-Nur plong lilin lebah hari, maka akan terbantah banyak semarak bohlam yang berada di sekitar tersebut. Di depan masjid juga terdapat kolam kecil sehingga terang lampu busur akan memegas ke permukaan air.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. Hangtuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Pekanbaru, Riau.

8. Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin
Image Credit: Instagram.com @teguh_suandono

Bangunan bersejarah ini merupakan bangunan berstandar internasional nan banyak digunakan maka itu seniman dalam program festival, atraksi karya seni, budaya dan juga sebagai lokasi sayembara seni lainnya. Tera bangunan ini diambil dari nama seorang seniman Riau bernama Idrus Tintin.

Bangunan megah dan mewah ini dibangun dengan gaya Riau-Melayu dengan motif yang indah dan warna asfar nan megah. Bangunan ini banyak didatangi wisatawan bikin sekedar berkunjung berfoto dan berdarmawisata di sekitar bangunan ini.


Harga Karcis:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

9. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding
Image Credit: Kelanariau.blogspot.com

Destinasi ekoturisme selanjutnya adalah Air Terjun Batu Dinding. Tempat wisata ini makmur di wilayah Kampar Kiri. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bikin beliau yang doyan mengembara dan berinteraksi dengan alam.

Cegar Batu Dinding memiliki pesona pan-ji-panji yang indah dan alami. Ditambah air yang turun terbit serasah sangat fit dan jernih sehingga ia bisa bermain air dan berenang dengan tenang dan tenteram. Objek pelancongan ini kembali dekat dengan beberapa destinasi pelancongan lainnya sehingga ia tidak mesti repot-repot meninggalkan jauh untuk mencari tempat vakansi lagi.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Tanjung Belit,Kidal Hilir, Kab. Kampar, Riau.

10. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus
Image Credit: Instagram.com @yul_achyar

Candi Mulut sungai Takus ini bukan hanya sekedar tempat wisata yang mulia, semata-mata ajang ini merupakan bukti kuno dari kekaisaran sriwijaya. Candi yang terletak di Riau ini ialah candi kemangkakan yang ialah perpaduan dari budaya Hindu dan Budha. Candi ini digunakan sebagai tempat ritual keagamaan pada zaman terlampau.

Logo Candi Hilir Takus ini berbunga dari bahasa Cina nan berarti Candi Berida yang Besar. Selain seumpama tempat wisata yang bersejarah, Candi Muara Takus ini memiliki 4 gedung yaitu dinamakan Canti Tuo, yang kedua yaitu Candi Mahligai, kemudian Candi Palangka dan Candi Bungsu.


Harga Tiket:
Rp 2.000;
Map:


Cek Lokasi



Objek:
Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar, Riau.

11. Desa Tamasya Okura

Desa Wisata Okura
Image Credit: Brosispku.com

Di Pekanbaru, terdapat desa wisata yang cukup tersohor bernama Desa Wisata Okura. Pada awalnya, desa ini merupakan sebuah kelurahan, namun pemerintah setempat mengembangkan kelurahan ini menjadi desa pelancongan nan menarik banyak petandang.

Disini, kamu dapat menyibuk pemandangan asri nan ada di desa tamasya tersebut. Hawa yang sejuk dan menyegarkan siap menyambutmu ketika menginjakkan kaki di Desa Wisata Okura. Destinasi tamasya ini setuju dijadikan sebagai pariwisata keluarga.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Raja Pangkat Okura, Tebing Tahapan Okura, Kec. Rumbai Tepi laut, Pekanbaru, Riau.

12. Pasar Bawah

Pasar Bawah
Image Credit: Travelingyuk.com

Tempat legendaris ini merupakan tempat wisata sewaktu tempat belanja terpopuler. Pasar bawah Pekanbaru ini dinamakan maka dari itu masyarakat sekeliling karena lokasinya yaitu mewah di bawah erat Kali besar Siak yang letaknya terka rendah. Selain tempat belanja, Pasar Bawah ini lagi merupakan simbol tersendiri bagi kota Pekanbaru.

Di pasar ini Ia dapat mendapatkan buah tangan singularis Pekanbaru start berusul kripik khas Melayu dan Minang, jajanan, kaos dan pakaian spesial Pekanbaru, songket dan kain tenun, Ikan Salai gas tersendiri Riau yang minimal laris, ada bumbu-bumbu penyalai pula disediakan di Pasar Bawah ini.

Selain itu ada aksesoris khas Pekanbaru nan yang sangat cocok untuk maka itu-oleh. Seperti gantungan kunci lucu, miniatur, gelanggang pen, piring berukir dan lainnya. Selain lengkap wisata Pasar Bawah ini tidak akan menguras pengeluaran Engkau karena memiliki harga yang bersekutu dengan dompet Anda.


Harga Tiket:
Cuma-cuma;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

13. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama
Image Credit: Aksaraumri.blogspot.com

Selain destinasi ekoturisme dan religi, suka-suka juga pariwisata edukasi nan dihadirkan di Kota Pekanbaru. Pariwisata edukasi tersebut adalah Museum Si Nila Utama. Museum ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama memiliki beberapa benda seni dan budaya. Contohnya ialah rok aturan, perangkat musik tradisional, senjata adat, dan permainan nan cerbak dimainkan pada zaman dahulu. Hal tersebut akan membuat kamu semakin mengenal dengan budaya Indonesia dan ingin menjaga kelestariannya.


Harga Tiket:
Rp 15.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Jenderal Sudirman No. 194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

14. Arboretum Perguruan tinggi Riau

Arboretum Universitas Riau
Image Credit: Instagram.com @rumvio_studio

Arboretum adalah tegal buatan dengan kumpulan berbagai rupa spesies pepohonan yang dimanfaatkan andai wilayah konservasi keanekaragaman hayati. Selain itu adanya Arboretum ini dibuat sebagai sarana edukasi di untuk mahasiswa Jamiah Riau nan ingin melakukan penajaman.

Guna Arboretum Perguruan tinggi Riau ini yaitu cak bagi memperbaiki kondisi iklim di sekeliling Kota Pekanbaru. Dan bagaikan sarana pembudidayaan tanaman-tanaman yang bernilai ekonomi tinggi.

Selain itu Arboretum Universitas Riau ini juga dijadikan bagaikan tempat wisata dan rekreasi alami yang menyejukkan bakal Anda yang ingin menghabiskan weekend Anda bersama anak bini.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Muchtar Lutfi, Cabang Hijau, Kec. Tampan, Ii kabupaten Pekanbaru, Riau.

15. Kebun Satwa Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim
Image Credit: Portalwisata.co.id

Objek tamasya yang tersohor di Kota Pekanbaru lainnya ialah Huma Satwa Sang Kulim. Destinasi pariwisata ini banyak dikunjungi terutama oleh orang-khalayak yang telah berkeluarga. Sahaja ada kembali turis luar yang suka bertempoh ke kebun binatang ini.

Kebun Sato nan memiliki luas sekitar 10 ha ini n kepunyaan beberapa diversifikasi binatang nan dapat ditemukan disana sebagaimana anjing, gajah, landak zakar, dan masih banyak lagi. Ladang Binatang Sang Kulim juga menawarkan beberapa wahana permainan anak sehingga momongan tidak akan merasa bosan di kebun binatang.


Harga Tiket:
Rp 20.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

16. Kawah Biru

Kawah Biru
Image Credit: Facebook.com @pancakedurianpelangipku

Mulut gunung Biru ini awalnya terbentuk berusul letusan Gunung Merapi yang menciptakan menjadikan sebuah terowongan. Kemudian korok tersebut ditambah dengan adanya tempat galian ramal dan jadilah sebuah kawah yang indah. Sekarang menjadi tempat pariwisata andalan di Pekanbaru. Setiap harinya cak semau puluhan dan ratusan wisatawan berkunjung ke Kawah Biru ini.

Dengan pasir putih dan airnya yang kebiruan menjadi background foto yang wah bagi Anda. Kepundan ini selalu riuh-rendah dikunjungi. Lokasi wisata Kawah Sensasional ini sangat aman dan bersih terawat dengan beberapa fasilitas yang disediakan.


Harga Kartu:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Tanah Merak, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

17. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang
Image Credit: Ksmtour.com

Ketika akhir minggu, kamu dapat mencoba kerjakan menyingkir ke destinasi wisata Taman Rekreasi Alam Arai. Disana akan ada banyak pengunjung yang menikmati musim kelepasan dengan keluarga mereka. Taman Rekreasi Alam Mayang memiliki konsep wisata di standard adil atau terbuka sehingga sangat semupakat dikunjungi dengan tanggungan.

Taman pariwisata ini dikelilingi maka dari itu perbukitan sehingga panorama alam nan ada di sana sangat alami, hijau, dan segak. Jikalau hobi memancing, kamu dapat mengacapi bakatmu tersebut di kolam nan sudah disediakan solo bagi cucu adam nan kepingin memancing. Ujana Rekreasi Kalimantang Arai juga memiliki beberapa wahana seperti outbound, flying fox, bola air raksasa, dan masih banyak lagi.


Harga Tiket:
Rp 18.000;
Map:


Cek Lokasi



Incaran:
Jl. Imam Munandar, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.

18. Danau Kayangan

Danau Kayangan
Image Credit: Instagram.com @yul_achyar

Pesona danau artifisial ini menerimakan pemandangan yang sejuk dan nyaman. Dimana di sini di Danau Taman firdaus ini, Engkau akan menikmati bukit-dolok di sekitar situ dengan pepohonan yunior nan fit.

Selain misal tempat tempat wisata yang digemari banyak sosok, Situ Suraloka ini juga digunakan laksana tempat wisata tirta. Sebagai halnya ada nan memancing, berenang dan mengelilingi danau dengan sumbuk dayung.


Harga Tiket:
Rp 15.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Tong Bibit, Kec. Rumbai Pesisir, Kab. Pekanbaru, Riau.

19. Kali besar Kampar

Sungai Kampar
Image Credit: Detik.com

Tidak belaka pantai dan danau belaka yang bisa dijadikan objek wisata air. Ternyata sungai pula bisa dijadikan ibarat Target Wisata di Pekanbaru. Di Batang air Kampar, kamu dapat mengerjakan aktivitas seperti berselancar. Tentu saja ini peristiwa yang idiosinkratis karena enggak semua sungai dapat dijadikan tempat berselancar.

Saja, kamu juga harus berhati-hati karena katanya di Sungai Kampar terwalak buaya dan ular. Sungguhpun sebagian ki akbar buaya ditemukan di bagian hulu sungai, namun apa salahnya jika tetap berhemat.


Harga Karcis:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Bahan:
Muara Dilam, Kunto Darussalam, Kab. Rokan Hulu, Riau.

20. Air Terjun Aek Mertua

Air Terjun Aek Mertua
Image Credit: Google Maps (Sarif Alamsyah)

Air yang mengalir di air Terjun Aek Mertua ini berasal berbarengan berpangkal indra penglihatan air bukit Simalombu. Air terjun yang tinggi ini mempunyai keunikan dan stempel yaitu air yang mengalir dari atasnya memiliki 2 tingkatan saat merosot. Situasi ini meninggi uniknya tempat pariwisata ini.

Sebelum menyentuh air ki angkat ini Beliau akan melewati jambatan gantung yang di bawahnya ada kali besar mengalir cukup rimbun. Selanjutnya Anda harus menuruni anak strata yang tahapan untuk bisa menjejak Air terjun Aek Mertua nan cakap ini. Selain rute ini terbilang seram namun dua tempat ini sangat bagus dijadikan background foto.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Ingat Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu, Riau.

21. Balai Adat Riau

Balai Adat Riau
Image Credit: Flickr.com

Jikalau kamu ingin bertambah mendalami dan belajar tentang kebudayaan Riau. Maka mengunjungi Aula Aturan Riau menjadi pilihan nan tepat untuk di coba. Balai Aturan Riau menawarkan suasana tradisional dan kental akan sejarah.

Balairung Aturan Riau sering dijadikan sebagai tempat pertunjukkan budaya sehingga bisa melestarikannya sebatas tidak punah. Dia lagi dapat menemukan beberapa ciri partikular yang dimiliki makanya aturan Melayu Riau sehingga dapat meninggi laporan.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Diponegoro, Senang Sani, Kec. Sail, Pekanbaru, Riau.

22. Rumah Singgah Empunya Kadi

Rumah Singgah Tuan Kadi
Image Credit: Instagram.com @anwiratmoko

Konon katanya Rumah Singgah Tuan Kadi ini yaitu awal mula terbentuknya Kota Pekanbaru sebelum menjadi ii kabupaten yang gencar dan luhur seperti momen ini. Rumah Mampir Tuan Kadi ini dulunya menjadi palagan singgah Kanjeng sultan Siak jika ingin menyingkir ke Pekanbaru (Senapelan: Dulu).

Flat singgah ini yakni warisan Tradisional yang menjadi tempat wisata saat ini. Dari lokasi Flat Singgah ini pengunjung bisa menikmati tampin indah di sekitar area.

Rumah Singgah ini berada di bawah Jembatan Siak. Sehingga selain menikmati kegagahan Ruah Singgah Tuan Kadi ini Dia bisa menikmati keayuan jembatan Siak di atas bangunan perumahan.

Rumah Singga Pemilik Kadi ini sudah start dikelola oleh pemerintah dengan penataan yang beres dan mulia dengan adanya taman di setiap sudut lokasi. Selain umpama tempat wisata, Rumah Mampir ini juga digunakan sebagai tempat merayakan penyongsongan bulan suci Ramadan setiap tahunnya.


Harga Karcis:
Prodeo;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Kampung Dermaga, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

23. Air Terjun Mayit Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Pariwisata.riau.go.id

Destinasi wisata liwa seterusnya adalah Air terjun Batang Kapuas. Tempat tamasya ini berada di Lubuk Bigau, Riau. Riam kecil Batang Kapas memiliki jarak sekitar 135 km dari jantung kota sehingga perlu waktu kompensasi sekeliling 3 jam lakukan bisa berada di destinasi isata tersebut.

Bikin bisa mencapai lokasi destinasi wisata Serasah Batang Kapas tak mudah. Diperlukan kekuatan ekstra dan perbantahan karena distrik yang dilalui patut jarang. Hanya, sekiranya mutakadim berhasil melewati itu semua, kamu akan merasa takjub karena keindahan destinasi pelancongan alam ini.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Batu Sasak, Kampar Kidal Hulu, Kab. Kampar, Riau.

24. Langgar Senapelan

Masjid Senapelan
Image Credit: Instagram.com @doni_ss366

Selain medan beribadah, musala tertua di Kota Pekanbaru ini juga menyisakan narasi memori di Ii kabupaten ini. Menurut beberapa sumber masjid ini dibangun pada masa kesultanan Abdul Jalil Alamudin Syah yaitu seorang sultan Siak yang keempat.

Zawiat ini menerimakan banyak cerita pada zaman dahulu, dimana di dalamnya terserah nilai agama, adat dan raya yang terkandung. Riuk satunya merupakan adanya 17 tiang di intern masjid ini melambangkan adanya 17 rakaat sehari semalam, terdapat 6 makam kaisar.

Kemudian podium di n domestik masjid ini adalah tribune tempat sutan siak merembah ketika itu. Surau ini menjadi huruf angka kota pekan baru.


Harga Karcis:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Riau No.73a, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Ii kabupaten Pekanbaru, Riau.

25. Ardi Warna-Warni

Bukit Warna-Warni
Image Credit: Marischkaprudence.blogspot.com

Destinasi wisata ini cukup unik karena tempatnya nan keren dan tersohor di dok anak asuh muda. Bukit ini umumnya disebut dengan Bukit Pelangi. Disini, anda akan disuguhkan pemandangan bukit yang jika tertumbuk pandangan jauh akan terlihat berwarna-warni.

Uniknya, dandan yang ada dalam argo tersebut boleh berubah setiap hari. Argo Pancaragam sangat sekata dijadikan spot foto yang aestetik dan gaul. Sekadar, kamu harus bertenggang seandainya berkunjung pada perian hujan, karena kondisi petak destinasi wisata tersebut belum terlalu stabil sehingga tanah bisa longsor.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Danau Khayangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau.

26. Dekranasda Pekanbaru

Dekranasda Pekanbaru
Image Credit: Google Maps (Dekranasda Daerah Riau)

Dekranasda Pekanbaru memproduksi banyak bagan kerajinan sama dengan Tenun songket melayu yang dibuat memperalat perangkat tenun tradisional ini menggunakan benang sutera menghasilkan tenun siak nan berkualitas.

Pembuatan kerajinan songket ini memperalat perpaduan warna nan indah-indah. Selain itu Dekranasda Pekanbaru pun menghasilkan kerajinan tangan faktual tas dan lainnya dengan motifnya menyantirkan kekhasan Kota Pekanbaru.


Harga Karcis:
-;
Map:


Cek Loasi



Alamat:
Jl. Diponegoro No.6, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

27. Bibliotek Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S
Image Credit: Riauberbagi.blogspot.com

Taman pustaka di Pekanbaru yang satu ini berbeda dengan bibliotek puas umumnya. Disini, ajang perpustakaan dijadikan destinasi wisata modern spontan memberi ilmu pengetahuan. Desain Perpustakaan Soeman H.S sangat unik, meriah, dan elegan sehingga wisatawan bisa menikmati keayuan tempat sekaligus membaca ki akal yang ada di sana.

Disini, banyak arsip memori dan beberapa jenis buku lainnya yang menggandeng buat dibaca. Kamu dapat bersantai sekalian menikmati bacaan yang telah dipilih. Selain itu, kamu kembali bisa datang ke lantai atas bagi dapat menikmati keindahan pemandangan Kota Pekanbaru.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Jenderal Sudirman No. 462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Pekanbaru, Riau.

28. Agrowisata Tenayan Raya

Agrowisata Tenayan Raya
Image Credit: Instagram.com @missrakjel

Wadah wisata ini yakni Agrowisata lengkap nan mengangkat konsep edukasi di dalamnya. Selain kerjakan berkelah, pengunjung pun bisa belajar hal baru di Agrowisata Tenayan Raya ini. Dan uniknya Anda bisa memetik buah-buah langsung dari pohonnya dan dapat dibayar nanti setelah keluar dari area wisata.

Berikut merupakan sejumlah hal yang difasilitasi selain media bermain anak asuh-momongan, belajar memanah, kolam renang, flying fox juga suka-suka daerah nan mempelajari tentang peternakan dan perladangan bagi Bapak-kiai dan Ibu-ibu yang mau mengembangkan teknik-teknik berternak dan bertani di rumah.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Kadiran, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

29. Teluk Jering

Teluk Jering
Image Credit: Riau.go.id

Teluk Jering merupakan sebuah segel desa nan bisa ditempuh sekeliling 45 menit berbunga kunci daerah tingkat. Desa ini silam khusus dan menyeret karena mempunyai pasir zakiah yang mirip sekali dengan ramal rantau. Hal tersebut tentu membentuk banyak makhluk penasaran sehingga berdatangan ke Teluk Jering.

Selain adanya pasir kalis, di Teluk Jering lagi terdapat hamparan rumput nan hijau dan tertata rapi. Suasanya yang ada di desa ini tinggal meredam emosi, asri, dan sejuk. Dia boleh mengunjungi destinasi wisata ini dengan keluarga ataupun teman.


Harga Tiket:
-;
Map:


Cek okasi



Korban:
Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

30. Ujana Upik Kaca Mayang

Taman Putri Kaca Mayang
Image Credit: Instagram.com @g_prihatmoko

Taman ini n kepunyaan banyak fasilitas kamil bagi Ia yang nan cak hendak rekreasi bersama tanggungan. Selain anak bini di taman ini bisa Anda habiskan waktu bersama inversi dan antiwirawan.

Rumah Ujana Hijau ini menyempatkan akomodasi bakal Kamu yang ingin hanya sekedar nongkrong, jogging, duduk sambil menikmati magrib, Terserah kolam renang, dan wahana bermain lainnya buat anak-anak.


Harga Tiket:
Cuma-cuma;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Jend. Sudirman No.474, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

31. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Tribunnews.com

Serasah ini berlokasi di Kabupaten Kuantan Singingi. Serasah Guruh Gemurai sedikit berbeda dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Perbedaanya adalah serasah ini menyuguhkan dua aliran air sehingga menghasilkan suara gelegar yang cantik dan merdu.

Di bawah air ambau juga terdapat kolam cak bagi menampung air yang terban sehingga banyak wisatawan nan datang ke destinasi tamasya ini untuk  berenang alias sekedar bermain air.


Harga Karcis:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Lubuk Jambi, Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau.

32. Ujana Ii kabupaten Pekanbaru

Taman Kota Pekanbaru
Image Credit: Google Maps (Dedek Iskandar)

Taman Kota Pekanbaru ini selain dijadikan arena pelancongan rekreasi, terserah juga wisata kuliner khas Pekanbaru. Di sudut taman dapat Anda gunakan kerjakan berkumpul bersama tandingan-teman Ia sambil menikmati jajanan yang ramai dijajakan di pinggir taman.

Terserah spot foto nan partikular dan selain itu terserah fasilitas yang lengkap di taman ini yakni ada bekas istirahat, toilet dan Mushola. Tamannya yang mulia dengan rumput nan hijau dan segar menambah indahnya sore di Taman ini.


Harga Karcis:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Korban:
Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Daerah tingkat Pekanbaru, Riau.

33. Keraton Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura
Image Credit: Wikipedia.org

Destinasi tamasya yang satu ini merupakan riuk suatu peninggalan semenjak Kesultanan Siak yang dulunya merupakan kerajaan terbesar di kawasan Riau. Lokasi Istana Siak Sri Indrapura congah di kancing daerah tingkat sehingga banyak wisatawan nan hinggap kesini bagi melihat kemegahan kastil.

Wisatawan juga bisa sambil belajar saat liburan ke sini. Banyak penerimaan penting yang bisa didapatkan momen mengunjungi Puri Sri Indrapura.


Harga Tiket:
Rp 3.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Kampung Privat, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

34. Trans Studio Mini Pekanbaru

Trans Studio Mini Pekanbaru
Image Credit: Google Maps (adra dhea)

Terserah banyak wahana nan menyenangkan nan disajikan lakukan Ia ialah suka-suka indoor playground untuk semua atma, happy Swing, Roller coaster raksasa, Mini train, bumper dan banyak lainnya.

Selepas puas bermain, Sira bisa mengajak tanggungan makan gurih di restoran yang menyediakan kas dapur khas Kota Pekanbaru yang berada di bangunan yang sama.


Harga Kartu:
-;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Jl. Soekarno – Hatta, Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

35. Pulau Cinta

Pulau Cinta Pekanbaru
Image Credit: Desariau.com

Pulau Comar berbeda dengan pulau lainnya. Disini, Pulau Cinta berupa hamparan pasir putih yang sangat lembut ketika diinjak. Batu halus tersebut makmur di pinggir bengawan sehingga terpandang unik.

Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti bermain water sport, mendaki perahu, berenang, malar-malar sekedar perkembangan-jalan leha-leha.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

Itulah sejumlah Destinasi Tamasya di Pekanbaru yang bisa makara objek teks untuk dikunjungi. Engkau dapat menikmati musim liburanmu dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Source: https://www.itrip.id/tempat-wisata-pekanbaru