Tempat Wisata Di Makassar Dan Gowa


Kepingin Liburan lebih Berkesan? Inilah Daftar Wadah Wisata Calon di Gowa, Sulawesi Selatan. Objek Pelancongan Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Lain berlebihan kalau menamai Indonesia surga dunia. Sebab hamparan pesona alamnya memang menjadi sendi tarik terdahulu para wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Selain tradisi dan budaya nan masih kental dan begitu dijaga, Indonesia menawarkan sejumlah tempat wisata di berbagai distrik termasuk Gowa, Sulawesi Daksina. Menjadi keseleo satu Kabupaten yang menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Seperti Situs Wisata, Spot Foto, Air Terjun yang memanjakan mata hingga situs bersejarah. Ajang Wisata di Gowa memang cukup bakal dieksplor seyogiannya dikenal lebih luas lagi.

Rencanakan liburan dengan baik lakukan berkunjung ke Gowa. Sebab, keindahannya menawarkan banyak tamasya seleksian nan lain pernah sepi. Di kabupaten ini terserah banyak tempat tamasya yang bernuansa alam, album, religi dan kembali kuliner yang tak kalah dengan wisata Pemukul atau Makassar. Ancang yang harus dilakukan riuk satunya adalah kenali medan pelancongan yang akan dikunjungi.

Lakukan memudahkan avontur dan liburan, berikut merupakan ulasan sumir mengenai sejumlah rekomendasi arena wisata yang indah. Berkecukupan di Gowa menjadi musim nan sayang untuk disia-siakan. Kunjungi wadah tamasya berikut ini bakal menambah pengalaman dan menjadikan perlop lebih pretensius.

1. Cegar Bantimurungna Gallang

Air Terjun Bantimurungna Gallang
Image Credit: Google Maps (Dedhy Hendry)

Berangkat dari pusat kota Gowa Anda perlu berkendara membidik desa Pao, nan letaknya tidak begitu jauh. Lokasi serasah tepat berada di birit kawasan PLTA Tombolo Pao, Beliau lewat masuk minus melalui urut-urutan setapak. Suasana asri nan indah akan Anda temukan ditambah batuan cantik nan mengelilinginya. Semakin menciptakan menjadikan Anda betah berlalai-lalai terserah disini.

Anda disambut serampak dengan pemandangan air terjun sepadan 8 meter. Aliran air terjun terlihat seperti utas tahir halus yang menjuntai. Tampak semakin elok dengan gawir-tubir jenjang yang merumung cegar. Bagian permukaan tubir tersebut ditumbuhi tanaman rambat serta kulat berwarna hijau kekuningan, sehingga curug terbantah lebih berkelas.

Tepat di bawah riam kecil terdapat empang tampung yang airnya sangat jernih. Beliau dapat bermain air dan berenang di tebat tersebut, tubuh pun terasa lebih segar. Peledak sejuk eksklusif gunung-gemunung turut menggauli Anda, sebab letak curug tepat di kaki Gunung Buhung Langit. Jika membujur Anda akan melihat pelangi di sekitar tambak, rata-rata terjadi ketika selesai turun hujan.

Jika tidak mau berbasah angkuh Sira bisa duduk leha-leha di pendopo yang dibangun oleh pengorganisasi setempat. Semenjak pendopo Ia tetap bisa menikmati pemandangan kalimantang yang menajubkan dari wisata kebanggan Gowa ini. Wisatawan juga dapat menjeput foto dengan lanskap alam air terjun yang menawan. Pepohonan hijau dan air terjun akan menjadi background nan apik.


Harga Karcis:
-;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Desa Pao, Kec. Tombolo Pao, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

2. Danau Tanralili

Danau Tanralili
Image Credit: Direview.id

Rekomendasi yang pertama hinggap berpangkal Tasik Tanralili nan merupakan tempat tamasya populer dengan keeksotisannya. Danau ini tak kalah luhur dengan Danau Ranu Kumbolo yang terkenal sebagai ekopariwisata itu. Ada pemandangan kalimantang yang mempesona terutama bagi para wisatawan yang datang bagi melihat bagaimana kondisi alam di seputar situ ini. Sayangnya perjalanan bikin menuju Telaga Tanralili memang terbilang cukup sulit sehingga para wisatawan harus menyiapkan betul kondisi jasad dan mentalnya untuk menuntut ganti rugi pertualangan.

Danau Tanralili terletak di Desa Manimbahoi yang cak semau di kaki Gunung Bawakaraeng. Pelawat harus menyusuri kaki gunung dengan kancah yang enggak mudah semata-mata akan tertebus sesudah mengawasi pemandangan di lokasi pariwisata.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Jl. Parigi, Manimbahoi, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

3. Cegar Balang Bulang

Air Terjun Balang Bulang
Image Credit: Google Maps (STR victor)

Pelancongan Gowa satu ini letaknya tersembunyi dan memerlukan fisik abadi untuk mencapainya. Akses jalan yang dilewati layak rumit seperti menerobos kolek sungai hingga mendaki perbukitan. Pertualangan mendatangi curug memang menyita masa diperkirakan 2-3 jam tergantung kondisi. Namun rasa letih serta merta terbayar begitu tiba di lokasi serasah ini.

Anda akan menatap kagum pada kebesaran curug yang sampai ke makin terbit 100 meter. Derasnya air nan jatuh menghasilkan gumpalan uap air, sebab dipecah oleh batuan di sekitarnya. Balong di asal curug lumayan luas tapi tak bisa digunakan bikin berenang. Jadi Ia hanya dapat menikmati keindahan serasah dari batu-batu di pinggir balong.


Harga Tiket:
Gratis;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Gantarang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

4. Malino Highland

Malino Highland
Image Credit: Katalogwisata.com

Mengunjungi tempat wisata di Gowa ini membuat pengunjung melintasi banyaknya deretan hutan pinus nan pangkat dan bisa berbenturan hewan seperti kuda ataupun rusa. Pemandangan duaja yang disajikan pun enggak main-main. Malino Highland ini menyediakan tempat nyaman untuk berleha-leha menikmati arsip. Ada kafe green kepo yang spesifik dan memiliki gaya arsitektur khas Negara Jepang sehingga menciptakan menjadikan suasana makin nyaman.

Lokasi dari Malino Highland ini berlimpah di kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus melangkaui jarak dengan waktu tempuh sekitar dua separuh jam berpunca kota Makassar.


Harga Tiket:
Rp 25.000;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Pattapang, Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

5. Ngarai Ramma

Lembah Ramma
Image Credit: Wikimedia.org

Suka-suka suatu keunikan berpunca tempat wisata bernama Lembah Ramma ini. Mereka para wisatawan yang telah menyadran kemudian berjanji bakal kembali sekali lagi dikabarkan memang dapat juga ke panggung ini. Seolah memiliki besi sembrani asing biasa agar mengundang para tamu datang. Lembah Ramma yakni kancah wisata yang terserah di Gowa dengan cuaca spesial rangkaian gunung serta cocok bakal berpetualang. Cak semau pemandangan yang bukan kalah indah dari objek wisata lainnya.

Lokasi Ngarai Ramma berapatan dengan Danau Tanralili nan terserah di Argo Bawakaraeng Kabupaten Gowa. Seharusnya bisa hingga di tempat ini, tamu harus melewati jalan yang berkelok sama dengan ular dan berliku.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Daksina.

6. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe
Image Credit: Wikipedia.org

Gowa ternyata juga populer dengan wisata duaja air ambau yang dimilikinya. Menjadi sangar istimewa, air terjun parangloe ini memiliki bentuk yang unik. Ada susunan batu yang membuatnya tertumbuk pandangan semacam itu alami dan air yang sangat jernih bersirkulasi disana. Sayangnya bakal sampai di lokasi ternyata bukan begitu mudah.

Air terjun parangloe ini makmur di Desa Bori Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Selingkung 20 km dari pusat kota Makassar dan melewati jalan yang berbatu serta jalan setepak nan cukup terjal.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Belapunranga, Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

7. Bendungan Kampili

Bendungan Kampili
Image Credit: Landscaper.id

Jika tamu memimpikan adanya Grand Canyon yang terserah di Arizona Amerika Serikat, maka Indonesia menjawabnya! Balong Kampili diketahui memiliki keanggunan yang bukan kalah elok. Adanya bebatuan besar dan berlubang nan merumung Tambak Kampili sehingga dirasa semacam itu semupakat untuk dijadikan spot foto kalimantang nan kekinian.

Lokasi Kolam Kampili ini terserah di Bontoramba Kampili Palangga tepatnya di Kabupaten Gowa. Pengunjung bisa mendapatkan rencana nan indah terutama ketika musim kering karena bebatuan tidak ada yang tergenang karena volume air.


Harga Karcis:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Bulan-bulanan:
Jl. Kampili, Pallangga, Bontoramba, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

8. Air terjun Cinta

Air Terjun Cinta
Image Credit: Instagram @suryaeast.indo

Keunggulan yang emosional cak bagi Objek Tamasya di Gowa. Riam kecil Belalah yakni riam kecil yang masih sangat alami dan bersih. Sebab jarang dikunjungi oleh wisatawan padahal sejenis itu luhur. Kolam air ki angkat cinta ini berbeentuk mirip dengan buram hati sehingga mendapatkan sebutan demikian. Air yang ada di cegar ini dahulu jernih dan alami sehingga serupa itu sejuk.

Tamu bisa menikmati pemandangan Air Ki angkat Cinta ini di Desa Bengo Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Cak bagi sampai di lokasi peziarah bisa bertanya pada penduduk setempat yang akan memberi petunjuk dengan jelas.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Manuju, Tamalatea, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

9. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa
Image Credit: Bataritours.com

Pesona keayuan nan dimiliki Gowa juga terpancar dari Museum Balla Lompoa. Cak semau banyak sejarah dan budaya yang bisa dieksplor lagi. Museum Balla Lompoa ini merupakan rekonstruksi nan terbit dari istana kerajaan Gowa ke 31 di periode 1936. Museum ini menyimpan banyak bukti sejarah sebagai saksi semenjak tamadun kerajaan Gowa dengan nila tinggi sejarah.

Letak dari Museum Balla Lompoa ini ada di Sungguminasa Somba Opu. Petandang dapat dengan mudah mengakses museum karena letaknya nan tepat cak semau di Kabupaten Gowa.


Harga Kartu:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 39, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

10. Hutan Pinus Bissoloro

Hutan Pinus Bissoloro
Image Credit: Makassar.sindonews.com

Banyak orang yang cak hendak berlibur karena membutuhkan suasana baru dan menyegarkan. Salah satunya yakni Hutan Pinus Bissoloro yang memiliki hamparan pohon pinus dengan juga terlihat seperti pemandangan di bioskop-gambar hidup Hollywood. Kelebatan pohon disini melingkupi pelawatan pengunjung dan memberi sensasi buat menyatu dengan bendera. Sayangnya cak semau yang mengatakan dukung keasrian dari kancah ini kian tergerus.

Lokasi Hutan Pinus Bissoloro rani di Bissoloro, Bungaya tepatnya di Kabupaten Gowa. Banyak nan menyukai camping disana dengan pertunjukan musik nan asyik.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Mangsa:
Jl. Bissoloro, Bungaya, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

11. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu
Image Credit: Panduanwisata.id

Bangunan bersejarah yang dimiliki Gowa ialah Benteng Somba Opu. Bangunan ini sebenarnya telah terendam bahkan hancur oleh ombak pasang. Semata-mata di perian 1990 benteng ini pun asian pemugaran. Tak hanya benteng sekadar pengunjung bisa menemukan museum, meriam dan juga bangunan apartemen nan khas akan adat Bugis. Benteng Somba Opu ini merupakan temppat yang burung laut bagi dilewatkan begitu saja.

Letak Benteng Somba Opu ada di Jalan Daeng Pengelolaan, Kelurahan Pertahanan Somba Opu. Tepatnya berada di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa yang memiliki jarak sekeliling 7 km terbit kota Makassar.


Harga Tiket:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Pertahanan Somba Opu, Barombong, Kab. Gowa, Sulawesi Daksina.

12. Riam kecil Salewangan

Air Terjun Salewangan
Image Credit: Google Maps (betara mouza)

Bila berangkat dari daerah tingkat Makassar Sira ceceh waktu sekitar 2 jam agar sampai di tujuan. Anda akan melalui kempang jongkat-jangkit yang sedikit curam, dilanjutkan menaiki sekitar 100 anak asuh tangga. Setibanya di atas hembusan angin berusul air ambau nan dingin menamai latar kulit. Sekeliling cegar dihiasi oleh pohon-tanaman yunior serta batuan hitam dan agak berlumut.

Ukuran air terjun tidak sesak tinggi namun mempunyai debit air nan lumayan baplang. Kucuran air berpokok jalal terdengar bergemuruh dan menenangkan hati. Kamu boleh menikmati persepsi dinginnya air terjun momen berendam di bendungan tampungnya. Jika enggan mandi di kolam Anda bisa duduk-duduk di atas batu, sembari menikmati tempias air dari curug ini.


Harga Kartu:
Rp 10.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

13. Bendungan Bili-Bili

Bendungan Bili-Bili
Image Credit: Mahajinoesa.wordpress.com

Ada yang berbeda bersumber tempat wisata di Gowa. Sebab Tambak Bili-Bili ini yaitu arena wisata kuliner. Tempat makan yang sangat direkomendasikan dengan berbagai rupa variasi hidangan kuliner yang lezat. Pengunjung bisa menemukan berbagai kuliner seperti mana ikan patin, iwak mas, ikan lele hingga hidangan ayam kampung nan bisa dinikmati dengan pemandangan indah disana. Harga dari sajian di Kolam Bili-Bili juga terbilang teraih.

Lokasinya berada di Desa Bili-Bili tepatnya di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Jaraknya sekitar 30 km dari daerah tingkat Makassar dan memiliki waktu tempuh sekitar kurang bertambah 45 menit.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Bili-Bili, Bontomarannu, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

14. Pesiraman Leger Biru

Pemandian Lembah Biru
Image Credit: Localguidesconnect.com

Mereka yang ingin menikmati kesegaran bendungan dengan air biru bisa mengunjungi Pesiraman Drum Biru ini. Namanya adalah Lembah Biru Malino yang merupakan wadah tepat bagi berenang dengan kurat matahari yang cerah. Belum lagi adanya air nan bersih dan sejuk bisa pengunjung rasakan. Terserah bebukitan yang indah di selingkung tempat wisata ini.

Lokasi Pemandian Lembah Sensasional Malino ki berjebah di Jalan Patene, Malino. Tepatnya di Tinggimoncong, Kabupaten Gowa dengan akses yang layak mudah cak bagi berada di lokasi pariwisata.


Harga Tiket:
Rp 20.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Malino, Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Daksina.

15. Riam kecil Biroro

Air Terjun Biroro
Image Credit: Google Maps (OY oy)

Perjalanan dimulai dari kota Malino sejauh kurang kian 2 kilometer, bisa menempuhnya dengan ki alat sepeda dua alias besikal catur. Anda akan melewati jalur yang celengkak-celengkok, sempit, dan berlubang. Akses jalannya lumayan selit belit karena banyak tanjakan dan manusia yang pernuh tenaga ekstra. Usahakan peforma kendaraan dalam keadaan baik dan wajib bertenggang.

Setelah berangkat di Desa Bontolerung Beliau masih perlu berjalan kaki sekitar 200 meter. Dari lahan parkir kemudian melintasi jalan setapak yang berbatu dan cukup licin. Sepanjang pertualangan Anda disuguhi maka dari itu hamparan pertanaman luas serta bertingkat. Selanjutnya turun dan menyebrangi jembatan bambu, barulah sampai di destinasi pan-ji-panji ini.

Anda akan mengawasi curug dengan ketinggian 15 meter yang memanjakan mata. Perigi airnya berasal berpokok Giri Bawakaraeng sehingga terasa hambar dan sejuk. Di pangkal serasah terdapat kolam tampung yang mempunyai kedalaman sekeliling 8 meter. Suasana pan-ji-panji nan masih asri dan dikelilingi pohon-tanaman hijau membentuk Ia betah berlibur disini.


Harga Tiket:
Rp 5.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Daksina.

16. Tamasya Kebun Gowa

Wisata Kebun Gowa
Image Credit: Twitter @antowiskeb

Huma Gowa adalah ki alat tamasya bakal mereka yang suka Agrowisata. Punya berbagai spesies buah-buahan seperti mangga, nangka dan juga pohon lainnya. Taman Wisata Kebun Gowa ditata seindah mungkin dan punya tanaman rias yang berjajar rapi. Kondisinya pun layak bersih dan punya kewedanan menyenangkan untuk mengail, berenang sebatas bermain menggunakan roda listrik dan ATV.

Letak mulai sejak tempat wisata ini ada di jalan Inden Malino Desa Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu. Jaraknya sekitar 20 km berbunga jantung kota Makassar dengan harga tiket nan pas tercapai baik di hari konvensional ataupun ketika akhir pekan.


Harga Tiket:
Rp 15.000;
Map:


Cek Lokasi



Sasaran:
Jl. Malino, Bontomanai, Bontomarannu, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

17. Riam kecil Takapala

Air Terjun Takapala
Image Credit: Indonesiakaya.com

Tempat wisata di Gowa memang sejenis itu bervariasi termaktub riam kecil nan dimilikinya. Pelawat yang datang ke Air Terjun Takapala ini akan terikat melihat serasah yang diapit gawir-tebing gangguan dan sebagiannya ditumbuhi oleh rerumputan hijau. Ada pancaran cahaya pelangi di lokasi serasah nan menambah kecantikannya. Namun lakukan anjlok ke cegar ini harus kian berhati-hati karena melewati bebatuan nan layak licin.

Letaknya berada tak jauh dari persawahan Teh Malino Highland. Berada di Desa Surai’ Tana, kecamatan Tinggimoncong rendah lebih 6 km terbit Kota Malino dan 66 km pecah sosi Daerah tingkat Makassar.


Harga Tiket:
Rp 2.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

18. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park
Image Credit: Bataritours.com

Ada yang berbeda dari wadah wisata yang suatu ini. Mempunyai banyak wahana dan fasilitas nan contoh untuk para peziarah yang datang bersama keluarga besar. Gowa Discovery Park memiliki waterboom dengan berbagai ragam wahana seru dan patut untuk dicoba. Cak semau lagi taman burung dengan 18 jenis unggas dari beraneka ragam negeri. Suasananya juga dapat membuat peziarah seolah ada di pangan Amazon.

Lokasi GDP alias Gowa Discovery Park ini berada di Urut-urutan Daeng Tata. Tepatnya ada di kecamatan Makassar, Sulawesi Daksina dengan fasilitas yang beragam serta terang cerah menyegarkan.


Harga Tiket:
Rp 55.000;
Map:


Cek Lokasi



Alamat:
Jl. Tumanurung Kubu, Barombong, Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Kidul.

19. Padivalley Golf Club

Padivalley Golf Club
Image Credit: Google Maps (Thoyeb Baharuddin)

Lapangan golf tunas privat ini memiliki standar internasional yang diakui di palagan bumi. Letaknya kurang lebih 45 menit dari gerendel bisnis Makassar di Sulawesi Selatan, tepat di negeri Patalassang. Padivalley Golf dirancang oleh Bob Moore dari JMP Group, yang kembali mendesain Royale Jakarta Golf Club (Halim III). Jadi tak heran bila karakter tanah lapang keduanya mirip.

Lapangan golf seluas 320 hektar ini menawarkan pemandangan rumput mentah Salam Paspallum. Hamparan rumput tersebut memiliki fairway nan tertata rapi dan terawat dengan baik. Ada 18 holes yang masing-masingnya n kepunyaan lanskap perbukitan alami dan tong padi nan indah. Setiap hole mempunyai tingkat kesulitan sendiri, bagi pemula bisa memakai hole di par 5.

Meres pinggul alam dari alun-alun sedemikian itu memasung, berupa pemandangan danau dan perbukitan indah. Lamun durasi permainan membutuhkan hari lama, Anda tidak akan merasa bosan. Lain namun fasilitas Driving Range dan Clubhouse, Ia lagi dapat menikmati sajian lezat di Restoran The Village. Menyajikan berbagai macam kuliner nusantara, oriental, dan western.


Harga Kartu:
Rp 20.000;
Map:


Cek Lokasi



Target:
Jl. Pattalassang, Pallantikang, Gowa, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

20. Taman Wisata Holyland Malino

Taman Wisata Holyland Malino
Image Credit: Sulawesitourpelangi.com

Sebuah taman yang berdiri di kapling seluas 45 hektar serta memiliki konsep seperti Replica Holyland nan terserah di Israel. Peziarah bisa melihat replica bangunan yang sudah lama mampu di awal abad kristen dan bangunan ini memang menarik banyak wisatawan. Peziarah bisa berolahraga, menemui panggung berfoto dengan bangunan yang luhur dan habis-habisan serta adanya gelanggang berkumpul bersama batih ataupun kerabat kita.

Taman Wisata Holyland Malino ini berada di desa Lonjoboko tepatnya di kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Bakal berada di lokasi ini wisatawan juga tak akan kesulitan karena jalannya memang sudah diaspal dan cak semau banyak kenyamanan untuk para pengunjung.


Harga Tiket:
Rp 50.000;
Map:


Cek Lokasi



Bahan:
Jl. Lonjoboko, Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Temukan berbagai Destinasi Wisata di Gowa yang indah dan menarik ini. Ciptakan kesan menyenangkan bersama orang-basyar tersayang di tempat yang merundingkan. Gowa menjadi pelecok suatu wilayah dengan sejuta pesona yang dimiliki Indonesia.

Source: https://www.celebes.co/tempat-wisata-gowa