Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Padang


Pariwisata Bukittinggi – Di sebuah kota di Wilayah Sumatera Barat ini tersimpan sejuta pesona dan eksotisme wisata. Tentunya siap menganakemaskan para travellers dengan spot pelancongan keren, asri dan eksotis sampai-sampai romantis.

Riuk satu faedah Kota Bukittinggi adalah letaknya nan berlimpah di ketinggian 909–941 mdpl. Peristiwa ini membuat suasana di kota ini menjadi sangat sejuk dengan suhu seputar antara 16.1–24.9 °C.

Mungkin sececah karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan Kota Payakumbuh, kabupaten tak di Sumatera Barat. Wisata Bukittinggi Padang tak kalah dengan wisata di kota besar lain sebagai halnya Bandung dan Jogja.

Daftar Tamasya Bukittinggi Terbaik buat Dikunjungi

Di kota ini anda bisa menemukan beragam destinasi tamasya mulai dari situs budaya, album, serta spot foto kekinian. Tak hanya itu, panorama alamnya juga sangat memukau, berbunga yojana, danau hingga air terjun.

Takdirnya anda sedang berburu inspirasi tentang wisata Bukittinggi, kami memiliki berbagai informasinya untuk sira. Kira-kira apa saja tempat wisata Bukittinggi yang mentah? Yuk simak daftarnya!

Jam Gadang Bukittinggi

Yakni ikon kota Bukittinggi nan mampu di kawasan Taman Sabai Nan Aluih. Tepatnya di depan bangunan Keraton Bung Hatta.

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Indang ini berukuran 13×4 meter. Di sekitar bangunan, ditanami beberapa tanaman sehingga suasananya sangat sejuk.

Pemerintah kota tersebut pun melengkapi daerah ini dengan akomodasi geta-kursi beton khusus bagi bersantai dan gratis. Tak heran jikalau Ujana Jam Tampah cinta ramai pelawat saat pagi, siang, sore maupun malam periode.

Mangsa : Pusat kota Bukittinggi, Bukittinggi.

Lobang Jepang Bukittinggi Guguk Janjang

Gelanggang ini yakni sebuah lubang dengan panjang 1.470 meter. Lokasinya berpunya tidak jauh semenjak Ngarai Sianok, yaitu selingkung 40 meter di bawahnya.

Lobang Jepang Bukittinggi

Yang eksklusif dari Lobang Jepang adalah terwalak terowongan berjumlah 21 buah. Fungsi ke-21 terowongan itu bermacam-varietas, andai arena terlampau, ruang tahanan, hingga ira penyiksaan.

Untuk dapat memasuki kawasan ini anda perlu membayar Rp10,000.00 per orang. Untuk jam bukanya adalah start dari martil 08.00 – 18.00.

Alamat: Jl. Panorama, Jabal Cangang Kayu Ramang, Guguk Hierarki, Bukittinggi.

Pertahanan Fort de Kock Guguk Panjang

Menurut informasi, Fort de Kock didirikan oleh Mualim Bouer di tahun 1825. Benteng ini adalah salah satu martir kelu sejarah penangkisan rakyat Minangkabau menyamai Belanda pada perang Paus.

Benteng Fort de Kock Bukittinggi


Jam beber lokasi adalah berangkat pukul 07.30 – 22.00. Harga tiket timbrung adalah Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 bakal momongan.

Bulan-bulanan  : Jl. Yos Sudarso, Baluwarti Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Jeti Limpapeh Guguk Panjang

Tak jauh berpangkal Benteng Fort de Kock, terdapat sebuah sasaran wisata di Bukittinggi prodeo yaitu Jembatan Limpapeh. Jembatan Limpapeh dibangun perian 1995 dengan warna dominan kuning dan biram.

Jembatan Limpapeh Bukittinggi

Jembatan baja ini mengikat Benteng Fort de Kock dengan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Menariknya, ketika melewati jeti ini anda akan merasa getaran dan goyangan yang menembakkan adrenalin.

Dari jembatan ini kembali kamu dapat menikmati pemandangan indah Daerah tingkat Bukittinggi terbit atas. Akan tertentang pula kawasan perbukitan serta Gunung Marapi di sekitar.

Alamat : Jl. Yos Sudarso, Baluwarti Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Museum Bung Hatta Campago Ipuh

Museum ini dahulunya adalah rumah yang menjadi rumah kelahiran Bung Hatta. Karena jasanya, rumah terbit salah satu tokoh terdahulu nasion ini dirawat dan dijadikan sebuah museum.

Museum Bung Hatta Bukittinggi

Distrik museum sendiri luasnya menjejak 1.000 m2. Keseluruhan substansi berupa tanah dan kondominium  ditangani langsung oleh Maktab Wisata, Seni, dan Budaya kota Bukittinggi.

Melintasi museum Bung Hatta ini, anda bisa mengenang jasa riuk suatu pahlawan Indonesia. Hanya dengan HTM seikhlasnya, dia bisa datang ke museum nan urai saban hari pukul 08.00-16.00 ini.

Alamat : Jl. Soekarno Hatta No.37, Campago Ipuh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.

Kastil Bung Hatta (Gedung Negara Tri Arga) Guguk Panjang

Pelancongan terkenal Bukittinggi lainnya selain museum Bung Hatta yakni Puri Bung Hatta. Di lokasi istana ini cak semau banyak tanaman palma dan cemara dan membentuk suasana memadai sejuk dan asri.


Pekarangan istananya luas dan yunior sehingga mewujudkan nyaman kelihatannya saja. Sayangnya, pengunjung tidak dieprbolehkan masuk lebih jauh ke dalam bangunan istananya.

Target: Negeri Jam Gadang, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Yojana Margasatwa dan Budaya Kinanta Bukittinggi

Bukittinggi n kepunyaan banyak sekali ujana yang boleh menjadi spot bersantai. Pelecok satunya Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.


Taman ini sangat naik daun di galengan masyarakat sebagai ujana rekreasi batih bertepatan mangsa pariwisata budaya. Situasi tersebut dikarenakan bisa piknik ke Jembatan Limpapeh dan Benteng Fort de Kock.

Di dalam kewedanan ujana, ada sebuah kandang Gajah dan museum Rumah Sifat Baanjuang. Harga tiket taman pelancongan ini mulai berasal Rp 5.000, sementara jam bukanya setiap hari pukul 08:00-17:30.

Mangsa : Jl. Cindua Mato, Baluwarti Ps. Atas, Guguk Janjang, Kota Bukittinggi.

Taman Monumen Bung Hatta Guguk Panjang

Taman ini dibangun di lereng gunung rendah sehingga layak rindang dan pun sejuk. Di puncak bukit, terserah sebuah patung Bung Hatta yang berdiri bersimbah dan pejabat kira menunduk serta tersenyum tipis.


Patung ini memang sengaja dibangun untuk mengenang jasa beliau. Tidak ada salahnya berkunjung ke sini karena tempatnya sejuk dan gratis.

Bulan-bulanan : Benteng Ps. Atas, Guguk Tingkatan, Kota Bukittinggi.

Taman Ngarai Maaram Kusen Kubu

Berikutnya yang bukan boleh anda lewatkan merupakan wisata Lurah Maaram Bukittinggi. Taman seluas 1 Ha ini letaknya di belakang RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.


Konsepnya memang sebuah ruang terbuka hijau bagi bersantai. Heterogen fasilitas menarik sekali lagi tersaji seperti urut-urutan setapak, ajang main-main, wadah pertunjukan, hingga spot selfie.

Lebih-lebih kembali, tidak suka-suka biaya karcis masuk untuk dapat bermalas-malasan sambil menikmati fasilitas di taman ini. Jam operasional yojana sendiri tiba dari pemukul 07.00 sampai 18.00.

Sasaran : Kusen Benteng, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136.

Ujana Panorama Guguk Panjang

Destinasi pelancongan taman lainnya adalah Ujana Panorama Bukittinggi. Lokasinya berada enggak jauh berasal Jam Gadang sehingga habis mudah untuk menemukan yojana ini.


Yang menghirup dari ujana ini adalah panorama duaja Ngarai Sianok. Di wadah teduh dan banyak pepohonan ini engkau bisa menikmati view ekstosis lembah yang terkenal tersebut.

Di beberapa tutul juga disediakan gazebo untuk beristirahat. Cak bagi dapat masuk ke taman nan buka sejak pukul 06.00-18.00 ini biayanya Rp 15.000.

Target: Jl. Panorama, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Ii kabupaten Bukittinggi, Sumatera Barat 26138.

Taman Tirtasari Songsang

Meskipun dinamai ujana, panggung pariwisata ini bukanlah sebuah taman seperti pada biasanya. Taman Tirtasari yakni sebuah bendungan osean dikelilingi perbukitan.


Bisa dikatakan Taman Tirtasari adalah sebuah tasik buatan. Kawasan telaga buatan ini memang dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Di taman ini sira bisa melihat panorama alam, bersepeda air, serta mengunjugi rumah hobbit. Anda pun dapat seraya berswafoto di berbagai rupa spot unik dengan gratis.

Bakal bisa masuk dan menikmati semua fasilitas di Yojana Tirta tidka dipungut biaya alias percuma. Mengenai jam buka wisata merupakan tiba pukul 08.00 hingga 18.00.

Bulan-bulanan: Koto Tangah, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Taman Rente Rafflesia Arnoldi Agam

Siapa tak kenal bunga langka dan endemik di dunia ini? Tak sahaja di Bengkulu, di Bukittinggi juga tumbuh tambahan pula nan terbesar di dunia.


Maka dari itu sebab itu kawasan ini dijadikan sebuah taman dan dibuka untuk tamasya. Hanya saja, anda harus mematuhi beberapa peraturan khusus di taman ini.

Diantaranya lain berangkat ataupun duduk di inang bunga, bersisa damping dan bahkan menyentuh bunga.

Bahan: Gadut, Tilatang Kamang, Gadut, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Daftar Wisata di Kab Agam:

  • Kecabuhan Bersiram Di Air Terjun Langkuik Janjang Malalak Agam
  • Lokasi Foto Terbaik di Hobbit Lawang Park Agam

Jembatan Gantung Guguak Agam

Kali ini anda patut mengunjungi salah satu objek wisata di Bukittinggi prodeo yang sangat viral, yaitu jembatan Sampir Guguak. Jembatan ini letaknya di Ngarai Sianyia Nagari Guguak Tabek Sarojo.


Jembatan viral ini menyuguhkan view sani yang sangat semupakat buat pemburu foto selfie. Di sisi kiri jembatan terlihat Leger Sianyia dihiasi dua air terjun sebabat 75 m.

Keadaan itulah yang membuat jembatan separas 150 meter dan panjang 125 meter ini silam bagus untuk berfoto. Selain viewnya cantik skandal berfoto di sini sangat menembakkan adrenalin.

Alamat: Guguak Tabek Sarojo, Iv Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Janjang Ampek Puluah Guguk Panjang

Dalam Bahasa Indonesia, janjang ampek puluah ialah sebuah tangga nan memiliki empat puluh anak asuh tataran. Jadi, objek wisata ini berupa tangga dengan 40 anak panjang yang menghubungkan pasar atas dan pasar bawah.


Meski terdengar biasa, beliau patut mengepas gelanggang ini karena medannya terbilang cukup radikal. Selain terjal, pada musim hujan abu lantai anak tangga akan sangat licin.

Alamat: Awi Tajungkang Perdua Sawah, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Janjang Saribu Guguk Panjang

Berlainan dengan Tahapan Ampek Puluah, pariwisata Tangga Saribu Bukittinggi memiliki anak asuh tangga lampau banyak. Sensasi berkunjung di sini bisa dibilang mirip dengan Tembok Segara Cina.


Makara jangan heran sekiranya banyak sebutan tembok cina versi Bukittinggi lakukan objek wisata ini. Panjang mulai sejak anak asuh tangganya koteng membentang ke provinsi bawah Drum Sianok.

Alamat: Bukit Apit Puhun, Guguk Panjang, Bukittinggi.

The Great Wall of Koto Gadang Guguk Panjang

Ajang wisata ini sebetulnya masih menjadi suatu bagian dengan Janjang Saribu. Uniknya, ada sebuah tembok besar di antara Panjang Sewu.


Selain untuk wisata, tempat ini pun dijadikan sebagai penghubung kota Bukittinggi menuju Goa Jepang melalui pintu 3.

Ngarai Sianok Agam

Pasti dia tak luar dengan objek pariwisata satu ini. Ya, Kanyon sianok adalah pelancongan populer Bukittinggi dan terkenal dengan alamnya.


Ngarai ini membentang selama 15 km berusul distrik selatan Nagari Koto Badang mencecah Nagari Sianok Enam Suku. Kedalaman lembah ini mencapai 100 meter dengan lebar celah 200 meter.

Saking terkenalnya, Leger Sianok memiliki sebutan lain yaitu Lembah Penyengap. Kejadian ini dikarenakan suasana di kawasan ini tenang dan damai.

Dengan suasana demikian, gelanggang ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas payah maupun beraktivitas seru. Kalau cak hendak ke sini sira boleh nomplok antara pukul 09.30-17.30.

Alamat: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Agam, Sumatera Barat.

Serasah Lembah Anai Tanah Datar

Kalau anda ingin wisata air terjun Bukittinggi, di daerah tingkat ini juga memiliki spot air ki angkat cakap merupakan Cegar Lembah Anai. Daya tariknya tak hanya terletak sreg air terjun yang segar dan anyep.


Doang kembali pemandangan liwa di sekitar berupa hutan dan sangat khas pegunungan. Selain itu, lokasi serasah ini juga mudah dijangkau.

Jam operasional: setiap hari dari palu 07:00 – 18:00 WIB. Buat harga tiketnya sangat murah yaitu hanya Rp 1.500 per anak adam.

Target: Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Danau Singkarak Tanah Datar

Selanjutnya anda teristiadat menengok wisata danau Bukittinggi. Yang pertama merupakan Situ Singkarak yang populer dengan airnya nan sangat jernih.


Di danau kedua terbesar di Sumatera ini, anda bisa mengerjakan banyak hal meruntun. Pertama, anda bisa mengelilinginya dengan sampan milik nelayan.

Selain itu, ada juga fasilitas kereta api wisata yang dapat dinaiki. Sangat seru bukan?

Di sekelilingnya, akan tampak pepohonan rindang nan membusut sejuk suasana.  Tentatif di n domestik danau ini koteng terwalak 19 jenis ikan yang memang hayat di situ ini.

Sasaran: Antara kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Telaga Maninjau Agam

Situ ini terletak di bagian atas cekungan Singkarak-Solok. Kedalaman danau ini mengaras 268 meter.


Dahulunya, danau ini hanya digunakan untuk pusat listrik tenaga air di daerah Singkarak. Lambat laun danau ini dijadikan salah suatu destinasi wisata di Bukittinggi.

Salah satu spot menariknya adalah kelok 44. Kelok 44 merupakan suatu kawasan dengan bentangan telaga dan hiasan hamparan sawah hijau dan kaya.

Alamat: Kecamatan Tanjung Raya, Agam, provinsi Sumatra Barat.

Pantai Caroline Bungus Selatan

Suatu lagi destinasi pariwisata Bukittinggi Sumbar yaitu pelancongan Pesisir Caroline. Jangan salah di Bukittinggi juga cak semau wisata rantau tepatnya di daerah Bungus.


Pesisir ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan cakap. Air lautnya pun silam dramatis sehingga sangat cocok untuk berlibur.

Dengan akomodasi lengkap dan harga suntuk terjangkau yakni sekeliling Rp 5.000 saja, pantai ini menjadi destinasi favorit keluarga.

Untuk dapat menikmati fasilitas seru seperti ATV, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp 50.000-Rp 100.000 namun.

Mangsa: Jl. Padang Painan, Bungus Daksina, Bungus Tlk. Kabung, Bungus Selatan, Daerah tingkat Padang, Sumatera Barat.

Tepi laut Nirwana Teluk Bayur

Wisata pantai berikutnya adalah Rantau Nirwana. Rantau ini terletak pas dekat bersumber daya ii kabupaten.


Pemandangannya sangat pretensius terlebih momen mentari tenggelam. Detik sunset, terlihat semburat warna jingga mendandani perairan pantai.

Hal tersebut mengasihkan pemandangan luar biasa. Di pantai nan masih alami ini anda akan temui pepohonan rimbun sehingga suasananya cukup sejuk.

Harga tiket masuk Pantai Nirwana Rp 5,000.00. darurat jam beber wisata adalah setiap hari sejka pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Mangsa: Jl. Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Padang Daksina, Kota Padang, Sumatera Barat.

Itulah sekilas info mengenai daftar rekomendasi tamasya Bukittinggi. Sebetulnya, masih ada banyak sekali tempat wisata di kota boncel di Sumatera Barat ini sekadar 22 tempat di atas adalah yang terbaik.

Baca juga: Tempa Wisata Palembang madya Hits dan Populer

Sudahlah, sudah dicatat dan diingat morong informasi yang sudah lalu kami rangkum bikin kamu. Kalau semacam itu, siapkan tahun dan dana bikin bereksplorasi di pariwisata Bukittinggi ya.

Source: https://ngetripkemana.com/wisata-bukittinggi/