Lembah Yang Ada Di Pulau Sumatera

Pulau Sumatera adalah keseleo satu wilayah di Indonesia yang memiliki luas sekitar 473.481 km². Dengan luas sebesar itu tentunya menjadikan Pulau Sumatera misal pulau terbesar ketiga di marcapada.

Bersendikan sensus 2018 adv amat, besaran penduduk Pulau Sumatera tercatat menjejak 57.940.351 nyawa nan tersebar di 100 kawasan nan ada di sumatera.

Ke 1 provinsi tersebut yaitu Sumatera Barat, Aceh, Sumatera Paksina, Jambi, Bengkulu, Riau,Kepulauan Riau, Sumatera Kidul, Lampung dan Bangka Belitung.

Selain banyak memiliki sumber pusat alam sama dengan gunung, sungai dan perbukitan, Pulau Sumatera sekali lagi banyak punya lembah.

Lembah sendiri yaitu sebuah kewedanan atau kawasan yang dikelilingi maka itu gunung-gunung alias perbukitan yang layak panjang. dan pada bagian Sisi-sisinya adalah berupa perbukitan yang patut tinggi.

Pada babak bawah lembah suka-suka mileu sama dengan dataran jamak plong rata-rata. Cukuplah lembang inilah nan bisa digunakan sebagai tempat terlampau atau menjadi sebuah perdusunan ataupun perkotaan.

Berikut ini adalah daftar nama drum yang cak semau di Pulau Sumatera yang sudah sangat terkenal.

Tera kanyon di Pulau Sumatera nan pertama merupakan Drum Anai. Siapa nan tak kenal dengan keberadaan lembah yang cantik ini.

Lembah Anai berada di daerah Singgalang, Sepuluh Koto, Persil Datar, Sumatera Barat.

Selain menjadi kawasan pemukiman penduduk, lembah anai kembali lampau cakap pemandanganya sehingga sering dijadikan andai salah suatu intensi wisata di Sumatera Barat.

2. Ngarai Asahan, Sumatera Utara

Lembah Asahan, Sumatera Utara – foto ig @dolok24jam

Leger di Pulau Sumatera selanjutnya merupakan Lembah yang terkenal di Sumatera Utara yakni Leger Asahan. Lurah Asahan terletak di Kabupaten Asahan, Provinsinya Sumatera Paksina.

Ngarai Asahan alias yang juga disebut Ngarai Sigura-Sigura merupakan sebuah kanyon luhur yang dikelilingi oleh alas tropis.

Dengan lanskap nan cukup luas tersebut membuat Lembah Asahan dihuni banyak rubing-tebang strata dengan hiasan riam kecil nan menyejukkan.

3. Tahang Suoh, Lampung

Lembah Suoh, Lampung

Lembah Suoh, Lampung – foto ig @vincent_siregar

Nama lembah di Pulau Sumatera selanjutnya adalah Lembah Suoh.  Lembah Suoh adalah sebuah lembah sani yang berada di Kecamatan Suoh dan Bandar Area Suoh, Kabupaten Lampung Barat, daerah Lampung.

Di Jurang Suoh lagi terdapat Kawasan Panas Mayapada Suoh nan merupakan penggalan berpunca TNBBS.

Nah dikawasan ini erdapat tiga telaga dengan air biru bak intan buatan, dengan biota yang hidup di dalamnya merupakan Haud Lebar, Haud Minyak dan Telaga Asam.

Baca juga ya :

  • Inilah 75 daftar gunung di pulau sulawesi  dan ketinggianya
  • Catat 6 nama jurang di pulau Sulawesi dan lokasinya

4. Lembah Jurang Sianok, Sumatera Barat

lembah ngarai sianok, lembah di Pulau Sumatera

lembah ngarai sianok, tahang di Pulau Sumatera – foto ig @harivalzayuka

Lembah ngarai Sianok berada di pinggiran antara ii kabupaten Bukittinggi, Kecamatan IV Koto dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Tong drum Sianok juga memiliki pemdangan yang cantik sehingga demap dijadikan harapan tamasya maka dari itu masyarakat yang melawat ke area Sumatera Barat.

Drum Sianok ini memanjang dan berkelok laksana garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang hingga ke nagari Sianok Anam Kaki, dan berakhir di Kecamatan Palupuh.

Lurah Sianok memiliki dalam jurangnya sekitar 100 m ini, membentang selama 15 km dengan pesek sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan nan memisahkan Pulau Sumatra menjadi dua episode mundur yang pula disebut patahan Semangko.

5. Drum Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau, Sumatera Barat – foto ig @arahkelana.co

Tong Harau terletak di kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat.

Padalah kanyon yang minimum populer sebagai salah suatu kewedanan pelancongan yang menyeluruh, Jurang Harau juga n kepunyaan banyak sekali palagan wisata yang beragam berangkat berpokok riam kecil, area perkebunan yang luhur hingga wisata modern.

Tong Harau juga solo karena diapit dua argo cadas terjal dengan keagungan hingga ke 150 meter berupa batu ramal yang terjal berwarna-warni, dengan kebesaran 100 sampai 500 meter

6. Lembah Masurai, Jambi

Lembah Masurai, Jambi

Lembah Masurai, Jambi – foto ig @telo_godok57

Lembah Masurai adalah keseleo lembah yang terserah di kecamatan Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi, Indonesia.

Nah di kawasan Lembah Masurai juga cak semau sebuah gunung bernama Dolok Masurai.

Gunung yang sudah tak aktif ini secara administatif terdapat dalam tiga wilayah kecamatan di kabupaten Merangin, Jambi, ialah kecamatan Drum Masurai, Jangkat dan Wai Tenang.

7. Tong Seulawah, Aceh

Lembah Seulawah

Lembah Seulawah – foto ig @iwanvanwilan

Label ngarai di Pulau Sumatera nan buncit adalah Lembah Seulawah.  Drum Seulawah adalah sebuah lembah nan berada di kecamatan Seulawah Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Indonesia.

Lembah ini banyak dihuni penduduk karena lewat startegis lokasinya dan berlimpah tanahnya.

**

Itulah tadi bilang daftar nama lembah di sumater yang adv amat terkenal baik sebagai wilayah pemukiman penghuni juga dikenal andai daerah tepat pariwisata yang wajib dan menjajarkan cak bagi dikunjungi.

Source: https://kataomed.com/alam/7-nama-lembah-di-pulau-sumatera