Destinasi Wisata Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Bocan punya prinsip, engga akan keluar wilayah sebelum keliling Indonesia.  Tapi sadar dengan subur dan luasnya negeri ini, prinsip tersebut kaprikornus berlebih kelihatan bergaduk-bermegah ya, secara jalan-jalan ke Pulau Komaodo dan Yang dipertuan Ampat aja harganya lebih mahal dari pada ke Asean.  Belom pun kota Bandung, Jogja, Bali, Malang, yang selalu aja ada panggung hiburan baru yang bikin engga nikah cukup sekali buat perkembangan-jalan kesana. Itu masih belom jauh-jauh berbunga pulau Jawa, apa embaran dengan cantiknya Situ Toba, Tepi laut di Belitung, eksotisnya Ora Beach, sebatas uniknya Derawan, wah yang pasti perlu nabung banyak buat keliling Indonesia.  Tapiii, seumpama momongan nasion, engga ada salahnya dong โ€˜campakkan-lempar duitโ€™ di negara koteng, engga perlu nyumbang ke negara tetangga cak bagi seneng-seneng. Malar-malar, seperti yang Bocan bilang diatas, Indonesia engga kalah kok soal keayuan alamnya.   Ya walau gimana pula, ke asing negeri tetap pengen sih, tapi nantilah kalo udah berkeliling Tanah tumpah silam, minimal udah berkunjung ke tempat tamasya paling kecil unik dan menyedot di asal ini.

Daftar objek wisata dibawah ini  engga kalah bagus sama yang ada di asing negeri, dan lucunya dibeberapa tempat pelancongan berikut justru makin banyak dikunjungi maka itu wisatawan mancanegara dibanding wisawatan lokal.

Lembah Harau

Kanyon Harau merupakan lembah yang berlambak terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Daerah tingkat, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan selingkung 47 km semenjak Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Ii kabupaten Payakumbuh dan 2 km dari kancing pemerintahan Kabupaten Panca Puluh Ii kabupaten. Palagan ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan keluhuran 100 sampai 500 meter. Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang berada.  Hijaunya pepohonan dan sawah yang mengelilinginya mewujudkan pemandangan pan-ji-panji kian meringkukkan. Jurang Harau juga dijuluki umpama Lembah Yosemite di Indonesia karena n kepunyaan kegagahan seperti Suaka alam Yosemite yang terwalak di Sierra Nevada California dan telah populer ke seluruh bumi.

Pulau Komodo

pulau-komodo

Menurut Bocan, kenapa Pulau Komodo ini sangat pantas timbrung ke intern 7 kedahsyatan Dunia adalah, Pulau Komodo ini memang bagus from top untill the bellow.  Pulau Komodo bersama -pulau-pulau tetangganya, Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang, pas banget dikunjungi. Pulau Komodo merupakan habitat putih binatang komodo, sekaum kadal raksasa pemangsa daging nan cuma ada di Indonesia. Di Pulau Komodo terdapat lebih berpunca 2.000 ekor komodo nan semangat di pan-ji-panji nonblok. Boboers boleh menyibuk komodo nan sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini.  Selain terletak hewan Komodo yang jarang, panorama yang dimiliki Pulau ini pun tinggal menakjubkan.  Saat perian kemarau, rumput yang kering membentuk savana, air lautnya yang jernih dengan underwater yang berlimpah hewan laut, mendalam secuil suraloka yang layak dikunjungi.  Sayangnya, untuk mengeksplore Pulau Komodo ini tersurat mahal, tiba dari transportasi sebatas akomodasinya. Tapi masih terserah pendirian hemat buat berkunjung kesini, Boboers bisa mengikuti trip kapal laut lakukan gelintar Pulau Komodo, dan cara irit lainnya merupakan, numpang bobo cantik di rumah para ranger kendati engga perlu bayar sewa hotel yang harganya lumayan tinggi.

Telaga Toba

simalem_resort_by_meittalim-d4bh353

Situ Toba dengan kisah legendanya yang melegenda tentu sudah sering dibahas di berbagai takhayul anak, tapi keindahan danau yang berada di Sumatera Utara ini engga kalah dengan mite danau Lochness di Scotlandia. Walaau Danau Toba tak memiliki salju, tapi soal keasrian, kesejukan, dan keindahannya Danau Toba megang banget. Yang pasti bukan bisa kelewatan, saat Boboers berkunjung ke danau vulkanik ini wajib banget nyebrang dan mampir ke pulau Samosir ditengahnya.  Di Pulau Samosir Boboers tak belaka bisa menikmati keindahan Tasik Toba, tapi juga belajar sejarah dan budaya petak Karo.

Danau Sentarum

enjoy-danau-sentarum-5-1018x460

Haud Sentarum kelihatannya masih asing terdengar di telinga Boboers, sementara itu cukup banyak wisatwan manca negara yang bersusah capek melawat ke danau ini.  Ujana Kewarganegaraan Telaga Sentarum (TNDS) ialah salah suatu taman firdaus siluman yang berada di Kalimantan Barat. Untuk merentang ke Telaga Sentarum ini benar-benar menguras tenaga dan dompet, karena untuk boleh mencapai Situ Sentarum, dibutuhkan waktu 14 jam dari Daerah tingkat Pontianak bikin perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau. Lalu, dari Semitau menuju ke lokasi menggunakan perahu pemrakarsa jurusan Lanjak (Biaya sewa kano 1juta/hari perahu bisa diisi 6 orang).  Ataupun boleh pula dengan jalur awan melintasi Pontianak-Putussibau sekitar dua jam dan pecah Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longboat sekitar tujuh jam.

Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Suaka alam Danau Sentarum memiliki peran penting bakal kehidupan di sejauh jongkong sungai. Mengalir darinya heterogen kehidupan sehingga menjadikan taman nasional ini diakui misal salah satu situs Ramsar, yaitu sebuah perjanjian internasional buat mencagar konservasi umbul-umbul yang berharga ini.  Selain itu Danau Sentarum ini lampau partikular karena sejatinya Danau Sentarum yaitu haud musiman yang menjadi gentong air besar saat musim hujan. Parasnya berubah menjadi pelan kering saat musim kemarau.  Saat musim hujan, danau ini berfungsi sebagai daerah tadah air hujan angin bagi Sungai Kapuas dan di musim kemarau air danau akan berpindah buat memuati kesuntukan debit air di Sungai Kapuas sehingga mengingkari danau lautan Sentarum menjadi lapangan kering. Panorama Suaka alam Tasik Sentarum akan lewat memukau di musim hujan angin tentunya, luasnya danau dengan pulau-pulai kerdil disekitarnya serta pepohonan lebat mengasihkan kedamaian dan asam garam eksotis.

Pesisir Ora

Ora-whom-snorkel

Ini wishlist banget Bocan pengen kesini, tapi sepertinya Sevin belom boleh diajak ke Ora Beach karena avontur menuju Ora ini jauuhh.  Terbit Jakarta, Boboers menaiki pesawat merentang Ambon, hingga  di bandara Pattimura, Ambon, masih teristiadat mengarah pelabuhan Hurnala di desa Tulehu, lalu naik speedboat menuju pelabuhan Amahai (Pulau Merembas) dengan harga kartu VIP Rp. 150.000,- dan tiket ekonomi Rp. 92.000,- dan waktu pampasan seputar 2 jam. Kemudian bermula Pelabuhan Amahai dilanjut dengan jalan darat dengan kendaraan selama sekitar 2 jam hingga ke Desa Sawai, jalanan berliku dan driver biasanya menyetir layak kencang, kerjakan yang mudah mual siapkan obat anti dugal ya. Nah semenjak Desa Sawai tinggal menyebrangi dermaga sekitar 10 menit tetapi dengan kapal kecil. Kebayang capeknya kan? :p Lazimnya sih yang berkunjung ke Ora nginap lewat semalam di Desa Sawaai, plonco paginya nyeberang, karena tanggung dan harga bobo cantik di Ora Beach Resort lumayan mahal. Harga menginapnya dihitung tiap-tiap sosok, tidak per kamar, tapi harga tersebut sudah lalu tertulis biaya bersantap 3x sehari dan transport berpunca Pelabuhan Tulehu menghadap Ora. Tapi semua letih dan uang nan Boboers habiskan itu terbayar lunas (malah lebih) dengan pengalaman dan pemandangan menakjubkkan! Air laut yang tenang dan jernih dengan terumbu karang dan biota laut di bingkai suburnya perbukitan hijau, aduh Bocan pengen banget kesana >_< Akan datang nunggu 2 ataupun 3 tahun lagi kalo Sevin udah bisa lebih ki akbar dan kian kuat jalan jauh ๐Ÿ˜€

Rantau Tanjung Tataran

tanjung-tinggi-beach-belitung1

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu pesisir tercantik nan terserah di provinsi Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan keindahan pantainya nan dihiasi batu-batu granit besar. Tanjung Tingkatan terletak sekitar 30 km dari daerah tingkat Tanjungpandan. Rantau Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting bioskop Angkatan Pelangi ini mesti masuk list tamasya Boboers, karena selain indah, Pulau Belitung sangat mudah dijangkau dari Jakarta, harga tiket pesawatnya juga terbilang murah dibanding kartu ke Bali atau Surabaya ๐Ÿ˜›

Pulau Cubadak

cubadak-resort-sumatra-indonesia-4

Berbunga daratan dengan rimbunnya pepohonan yang eksotis, pasir putih yang menawan, sampai underwater yang lewat elok, dengan flaura dan satwa nan hidup harmonis dihabitat aslinya, itulah bayangan surga di Paradiso Village Cubadak.  Pulau terpencil yang berada di provinsi Sumatera Barat ini riuh-rendah dikunjungi wisatawan mancanegara, karena resort Paradiso Village Cubadak memang dikelola asing makara lebih terdengar gaungnya di luar negeri. Untuk menikmati kegantengan di Pulau Cubadak Boboers dapat ikut trip hoping island, nanti Boboers bersama rombongan akan diajak mengelilingi pulau-pulau kecil gugusan kepulauan Mandeh dan mampir ke Pulau Cubadak.  Atau kalau memiliki budget lebih, bisa menginap langsung di Paradiso Village Cubadak, harganya berangkat semenjak USD 120/night/person, atau seputar IDR 1.560.000.  Harga tersebut sudah tertera makan pagi, siang, dan malam, sewa peralatan snorkeling, kano dan pancing dll.

Borobudur

Candi Borobudur

Kalo Kamboja punya Wat Angkor, Indonesia punya Borobudur. Candi Budha yang dibangun sekitar 800 Masehi ini tidak hanya habis-habisan dan menawan, tapi lagi merupakan medan tahir nan dijadikan lokasi berdoa para Biksu.  Ada 2 cara terbaik cak bagi membentuk anjangsana Boboers ke Candi Borobur enggak terlupakan. Permulaan, datanglah saat perayaan Waisak.
Perayaan Waisak yang digelar di Candi Borobudur ini sangat megah dan menghirup lakukan dikunjungi. Ribuan orang dari berbagai agama dan asal selalu memenuhi Candi Borobudur untuk mengawasi bagaimana perayaan Waisak para umat Budha ini. (Bakal nan orang islam dan beragama lain, luruskan karsa bahwa kemari hanya buat wisata, tapi jangan lupakan buat menghargai upcara ini dengan tak menciptakan menjadikan onar, buang sampah merawang dan kelakuan mengganggu lainnya.) Yang paling meruntun (bagi Bocan) dari perayaan Waisak di Candi Borobudur adalah saat upcara ditutup dengan pelampiasan seribu tanglung perdamaian sebagai simbol bermula pelepasan kebencian dan kekotoran. Saat pelampiasan lampion bagi umat Budha lagi ialah detik yang tepat bikin menitahkan suatu permintaan puas Nan Maha Esa. Para Bhiksu memulai dengan mengkhususkan deka- lentera dari panggung terdahulu kemudian diikuti pelampiasan ratusan lampion berikutnya oleh umat Budha dan petandang. Langit terlihat biru, wulan bersinar penuh dan lampion-lampion bersirkulasi perlahan meninggi seperti tebaran bintang yang memenuhi langit.

Nan kedua merupakan mengejar sunrise di
Punthuk Setumbu.
Punthuk Setumbu merupakan sebuah giri nan terwalak sekitar 4 km arah barat Candi Borobudur. Jabal yang terletak di Desa Karangrejo ini merupakan salah satu tempat terbaik kerjakan menyaksikan kesemarakan Candi Borobudur di kala pagi sinkron menunggu terbitnya surya dari balik Ancala Merapi.  Ada majemuk pendirian menjejak bukit dengan keagungan 400 m dpl ini.  Suka-suka yang berjalan kaki, panjat sepeda, atau naik ojek. Musim nan tepat kerjakan mencari sunrise merupakan ketika tuarang, di mana hujan lain sekali lagi hinggap dan langit seri tanpa awan mendung.  Dan usahakan jam 4.30 pagi Boboers duah menginjak dipuncak bukitnya.  Walau harus mengorbankan diri meninggalkan kasur empuk dan hangat, ditukar dengan mendaki kronologi setapak yang terjal menembus ladang di tengah pagi yang liar, campah, dan basah, tapi pengorbanan Boboers tidak akan sia-sia ketika menyibuk indahnya panorama nan disajikan.  Begitu hingga di puncak, sejauh mata memandang tampak hamparan tahang kebiruan berselimutkan kabut. Siluet Candi Borobudur di tengah lautan kabut yang bawah tangan, bagaikan sebuah istana diatas awan.  Pelan tapi pasti, kabut pula mulai meremang diiringi semburat nur mentari nan start muncul menghadirkan panorama Borobudur Sunrise yang jelita.

Tanah Lot

tanah-lot

Tanah Lot keseleo satu objek wisata di Bali yang paling populer, walau masih banyak pundi-pundi lain yang tidak kalah indah di Bali. Di Tanah Lotre terdapat dua pura nan terletak di atas alai-belai raksasa.  Satu terletak di atas bongkahan rayuan dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pundi-pundi Petak Lotre ini adalah bagian semenjak rajut Dang Kahyangan. Jala-jala Kapling Undian merupakan pura laut tempat pemujaan betara-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah bagi melihat matahari tergenang.  Selain menikmati sunset, Boboers lagi dapat melihat pertunjukan tari Kecak yang biasa digelar saat burit.

Tanjunga Ann & Batu Payung Merica

tanjung-ann-view

Tanjung Ann dan Bujukan Payung ini letaknya berdekatan, jadi sekiranya ke Tanjung Ann, pastikan Boboers mampir pula ke Batu Payung.  Dahulu nyebrang naik perahu selintas, sekadar harga perahunya nan agak lumayan ๐Ÿ˜› IDR 350.000 pp, enak sih sekiranya Boboers share sama pengunjung lainnya.

ltrip 22

Pantainya cantik dengan pasir putih nan bentuknya seperti merica, terbit atas bukit Boboers bisa melahap pemandangan samudra luas yang dibingkai perbukitan, such incredible view!  Untuk menjejak Tanjung Ann, kalau dari bandara Praya enaknya sambil kesini karena jaraknya deket hanya 30menit, tapi kalau dari Senggigi kemari dapat makan periode 2 -3jam.

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Gili-Trawangan-beach-huts

Engga ada yang bisa menidakkan indahnya pantai di gugusan pulau Embalau dan gili-gili disekilingnya.  Sebenarnya masih cak semau banyak Gili enggak yang tak kalah mulia dari 3 gili diatas, tapi merek Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno ini telah global.  Dan engga heran juga sih, secara tepi laut di 3 gili tersebut memang keren dan memiliki underwater yang sangat cantik.

Bikin mencecah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, Boboers bisa mengaksesnya langsung terbit Bali dengan memperalat speedboat via pelabuhan Padang Bai. Atau boleh pula dari Sahang, terlampau menju ke pelabuhan Bangsal (dempet Senggigi) dan menyebrang ke Gili Trawangan, Meno atau Air, hari restitusi sekitar 15-20 menit.

Panas Dolok Tinggi Raja

SaljuPanasDolokTinggiRaja_

Kalau Bandung punya
Kepundan Kudus Ciwidey, SUMUT sekali lagi mempunyai dong.Panas Dolok Tinggi Syah  terletak di Desa Dolok Tinggi Paduka, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.  Apa nan bagus dari Seksi Dolok Pangkat adalah Boboers akan takjub detik mengawasi ancala kapur dengan warna putih dialiri secara alami maka dari itu air merangsang, perpaduan putihnya batu kapur dan biru jernihnya air yang mengalir memberikan pemandangan bak nirwana. Sayangnya palagan tamasya yang pula dikenal dengan namaKawah Putih Pangkat Raja
ini belum tersentuh sarana dan infrastruktur yang cukup.Kawah Putih Tinggi Sunanyang terwalak di cagar umbul-umbul seluas 176 hektare dan memliki lahan mulut gunung seluas 4 hektare ini bagai mutiara di dalam lumpur.  Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya wana dan jalan untuk menuju kawah yang enggak begitu mulus terwalak keindahan yang mengagumkan, pengunjung kembali akan dibuat terpesona dengan kegagahan gunung putih kapur dan aliran air merangsang nan keindahanya menyerupai putih salju.

Pulau Derawan, Kakaban, dan Maratua

2.Pulau-Maratua

Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Pulau derawan dan Maratua ialah salah satu destinasi mesti Boboers nan doyan diving. Berada jauh dari jangkauan jalan zaman bersama sampahnya, membuat duaja yang suka-suka di Pulau Derawan dan Maratua masih terjaga keindahannya. Penduduk asli nan bermukim di kedua pulau tersebut sebagian besar yakni suku bajau dan bugis.  Mereka hidup secara tradisional dan harmnis dengan alam sekitarnya, sehingga abadiah Pulau Derawan dan Maratua pun tetap terpelajar.

Air laut nan jernih didasari ramal putih menjadi kombinasi paradise island di Maratua dan Derawan. Belum lagi standard dasar lautnya yang berada dengan berbagai rupa bioat laut yang cantik. Di pulau Derawan, dan Maratua Boboers bisa berenang bersama kura-penyu nan berada di sana.  Dan satu lagi,  jangan tengung-tenging bakal mengunjungi pulau Kakaban. Di pulau ini terwalak danau air payau purba yang jumlahnya doang terserah 2 di dunia. Selain itu, Boboers lagi bisa berenang bersama ubur-ubur nan aman tanpa racun. Keren centung ๐Ÿ˜€

Raja Ampat

raja ampat

Paduka Ampat di Papua Barat adalah suraloka laut yang menjadi besi berani wisatawan lokal dan alam semesta. Indahnya andai surga di Bumi.  Pesona maritim yang dimiliki kepulauan ini menjadikan Kepulauan Raja Ampat menjadi panggung yang paling sering dibicarakan, dan sepertinya sudah menjadi destinasi primadona nomor 1 di Indonesia. Bagaimana membidik tempat ini? Yang pasti Boboers terlazim hingga ke ii kabupaten Sorong terlebih habis.  Sampai bandara, Boboers terbiasa melanjutkan ke pelabuhan Dorong bakal sampai ke Waisai, Sinuhun Ampat. Setiba di Waisai, dulu cari penginapan sesuai budget dan local guide nan bisa mengantar Boboers untuk mengeksplore Raja Ampat. Mendengar Yamtuan Ampat kelihatannya Boboers ngeri denger harga penginapan disana, tapi senyap, disana sudah lalu banyak penginapan mulai dari harga IDR 250.000/malam, sementara itu untuk harga tur keliling Raja Ampat harganya menginjak berbunga IDR 3.000.000โ€™an.

Taman Laut Bunaken

bunaken manado

Yojana Laut Bunaken
ini sangat terkenal sampai ke luar negeri loh. Yojana Laut Bunaken memiliki 39 titik penyelaman dengan kedalaman yang berjenis-jenis hingga beribu-ribu meter.  Pemandangan bawah laut di Bunaken khusyuk rupawan, disini Boboesr dapat menemukan berbagai biota laut di alam aslinya yang masih bersih dan terawat.  Ada 13 jenis terumbu karang di taman laut Bunaken ini, selain itu yang menarik adalah underwater great walls atau disebut juga hanging walls maupun dinding-dinding karang samudra (sebuah rubing) nan meleleh vertikal dan memeting ke bawah sekeliling kedalaman 25-50 meter. Dinding karang ini juga menjadi sumur rahim bagi iwak-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Lakukan nan tidak bisa berenang, ada pilihan tak untuk menikmati surga bawah laut di Bunaken ini.  Selain dengan diving ataupun snorkeling, Boboers bisa menyewa kapal islam yang sudah didesain secara khusus. Dinding kapal berupa kaca transparan sehingga Boboers boleh leluasa menyibuk pemandangan bawah laut yang asing seremonial ini.

Waktu terbaik buat menuyelam di Bunaken dalah antara wulan Mei โ€“ Agustus. Pada uluran saat ini, airnya lebih jernih sehingga jarak pandang bisa bertambah baik. Selain itu, suhu mega juga ideal bikin menyelam.Ujana Laut Bunaken  bisa ditempuh dalam waktu 35 menit dengan menggunakan speed boat berusul Bom Manado.

Source: https://www.bobocantik.com/2016/06/14-tempat-wisata-di-indonesia-yang-wajib-dikunjungi-sebelum-keluar-negeri/