Ciri Otot Polos Di Bawah Ini Adalah Benar Kecuali

Otot polos
Otot polos from www.slideshare.net

Otot polos adalah jenis otot yang berfungsi untuk mengontrol bagian tertentu dari tubuh kita. Kehadirannya dicatat dalam berbagai bentuk, misalnya, bibir, alis, atau mata. Otot polos juga dapat berfungsi sebagai penyangga organ tubuh kita seperti lambung, usus, dan ginjal. Salah satu ciri penting otot polos adalah bahwa mereka dapat bergerak tanpa kontrol kita. Ini berarti bahwa jika kita melihat sesuatu, otot polos dapat secara otomatis bergerak untuk mengubah posisi kita.

Ciri otot polos di bawah ini adalah benar, kecuali:

Tidak Memiliki Saraf

Meskipun otot polos tidak memiliki saraf, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi. Sinyal ini dapat berupa impuls listrik yang disebarkan oleh neuron di otak dan medulla. Ketika sinyal sampai ke otot polos, mereka akan mengontraksi atau memperpanjang panjangnya, mengontrol berbagai bagian tubuh kita.

Memiliki Serat Otot

Otot polos memiliki seratotot yang sangat berbeda dari otot lain. Serat otot polos berbentuk silindris dan tidak memiliki saraf, yang berarti mereka tidak dapat dipersatukan dengan saraf dan bergerak tanpa kontrol kita. Meskipun serat otot polos tidak memiliki saraf, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi.

Bersifat Permanen

Otot polos tidak bersifat permanen. Mereka dapat berubah berdasarkan usia dan aktivitas, dan akibatnya, mereka dapat mengalami kerusakan. Pada anak-anak, otot polos cenderung lebih lemah dan berkembang dengan lebih lambat dibandingkan pada orang dewasa. Otot polos juga dapat mengalami kerusakan akibat cedera, penyakit, atau bahkan kurangnya nutrisi.

Bergerak Tanpa Sinyal

Meskipun otot polos dapat bergerak tanpa kontrol kita, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi. Sinyal ini dapat berupa impuls listrik yang disebarkan oleh neuron di otak dan medulla. Ketika sinyal sampai ke otot polos, mereka akan mengontraksi atau memperpanjang panjangnya, mengontrol berbagai bagian tubuh kita.

Berubah Berdasarkan Aktivitas

Otot polos dapat berubah berdasarkan aktivitas. Contohnya, jika kita melakukan olahraga, otot polos akan menjadi lebih kuat dan lebih tebal. Ini karena sel-sel otot yang membentuk otot polos dapat membelah dan memperbanyak diri ketika membutuhkan lebih banyak energi untuk mengontrol bagian tubuh kita.

Terletak di Pembuluh Darah

Otot polos tidak terletak di pembuluh darah. Otot polos terletak di sekitar organ-organ tubuh kita seperti lambung, usus, dan ginjal. Meskipun otot polos adalah jenis otot yang tidak memiliki saraf, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi.

Bergerak Tanpa Otak

Meskipun otot polos dapat bergerak tanpa kontrol kita, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi. Sinyal ini dapat berupa impuls listrik yang disebarkan oleh neuron di otak dan medulla. Ketika sinyal sampai ke otot polos, mereka akan mengontraksi atau memperpanjang panjangnya, mengontrol berbagai bagian tubuh kita.

Lebih Kuat dari Otot Lain

Otot polos lebih lemah dari otot lain. Otot polos tidak dapat dipersatukan dengan saraf dan bergerak tanpa kontrol kita. Meskipun otot polos tidak memiliki saraf, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi. Selain itu, otot polos dapat berubah berdasarkan usia dan aktivitas, dan akibatnya, mereka dapat mengalami kerusakan.

Dapat Mengendalikan Jantung

Otot polos tidak dapat mengendalikan jantung. Meskipun otot polos dapat bergerak tanpa kontrol kita, mereka masih membutuhkan sinyal dari sistem saraf pusat untuk berfungsi. Jantung adalah organ tubuh yang membutuhkan sinyal yang lebih kompleks untuk berfungsi, dan sinyal ini dikendalikan oleh sistem saraf pusat. Jantung juga memiliki otot jantung yang khusus yang dikontrol oleh sistem saraf autonom.

Sudah Dikenal Selama Berabad-Abad

Otot polos baru mulai dikenal sekitar satu abad yang lalu. Meskipun otot polos telah ada sejak lama, keberadaannya baru mulai diketahui dan dipelajari sekitar abad ke-20. Sebelumnya, ilmuwan dan ahli kedokteran hanya mengetahui fungsi dan kontrol otot yang terhubung dengan saraf. Dengan kemajuan teknologi, mereka mulai menyadari bahwa ada jenis otot lain yang bergerak tanpa kontrol kita.

Check Also

Kata Sifat Dari Huruf U

Kata Sifat Dari Huruf U

Pintar Membaca dan Menulis Huruf U Pinterest Dan from www.pinterest.com Udzur, Usaha, dan Umpan Pada …