Cara Mengatasi Kram Otot

Ilustrasi Kram/healthandhealthyliving.com

Bisnishotel.com, BANDUNG – Kram otot merupakan hal yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Kram otot ini tidak hanya dialami oleh para atlet saja, melainkan semua orang. Rasa kram biasanya menyerang kaki, paha, lengan atau tangan. Ketika kram datang, semua orang pasti ingin segera menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.

Kram otot dapat disebabkan oleh seringnya menggunakan otot sebagai alat gerak, saraf hingga penyakit gagal ginjal, diabetes atau hipotiroidisme. Salah satu cara untuk mengatasi kram otot adalah dengan menggunakan garam Epsom. Taburkan 4-5 sendok makan garam Epsom ke dalam bak mandi lalu rendamkan tubuh Anda di dalamnya selama 10 menit.

Magnesium yang terkandung di dalam garam Epsom dapat membantu mengendurkan otot-otot yang menegang tersebut. Namun, bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan jantung tidak dianjurkan untuk melakukan cara ini.

Cara lainnya adalah dengan mengompres bagian yang terkena kram dengan air panas atau dingin. Gunakan handuk lembut lalu rendam di baskom berisi air panas atau dingin. Setelah itu, peras handuk dan kompreskan pada bagian tubuh yang terasa kram selama 7-10 menit.

Kram otot juga dapat diatasi dan dicegah dengan melakukan peregangan sebelum beraktivitas, banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta air putih. (Sumber: Boldsky/k10)

Related posts

Leave a Comment