Berikut Ini Merupakan Etika Dalam Komunikasi Video Conference Kecuali

Etika Berkomunikasi Melalui Email ILMU KOMUNIKASI
Etika Berkomunikasi Melalui Email ILMU KOMUNIKASI from ilkom.upnjatim.ac.id

Persiapan yang Penting

Dalam komunikasi video conference, persiapan yang penting adalah untuk memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam konferensi telah menyiapkan perangkat lunak yang diperlukan untuk berbicara. Hal ini termasuk software komunikasi, seperti Zoom, Skype, atau Google Hangouts, serta alat lain yang diperlukan untuk mengubah atau mentransfer data. Jika tidak, konferensi video dapat menjadi tidak efektif, dan komunikasi mungkin akan terganggu. Dengan begitu, semua orang harus memiliki akses ke perangkat lunak yang sama dan memastikan bahwa mereka telah mengunduh versi terbaru yang tersedia.

Selain itu, setiap orang yang terlibat dalam konferensi video harus memastikan bahwa koneksi internet mereka stabil dan cukup kuat untuk menangani beban komunikasi video. Jika tidak, komunikasi video mungkin berjalan lambat atau menjadi terputus. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki koneksi internet yang cukup kuat untuk menangani beban komunikasi video. Setiap orang juga harus memastikan bahwa mereka memiliki kamera dan mikrofon yang kompatibel dengan perangkat lunak komunikasi yang digunakan.

Etika yang Harus Diikuti

Ada beberapa etika yang harus diikuti ketika berpartisipasi dalam komunikasi video conference. Salah satunya adalah untuk memastikan bahwa semua orang berpartisipasi secara aktif dalam diskusi. Hal ini penting agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan semua orang dapat menyampaikan pandangannya tanpa ada yang tertinggal. Selain itu, setiap orang harus memperhatikan orang lain ketika berbicara dan menghormati pendapat mereka.

Selain itu, penting untuk menghindari menggunakan bahasa yang tidak pantas atau menyerang orang lain secara pribadi. Jika konferensi telah diselenggarakan untuk tujuan tertentu, maka orang-orang harus mematuhi topik yang telah ditentukan. Juga, penting untuk menghindari kebisingan atau gangguan lain yang mungkin mengganggu komunikasi. Jika ada gangguan, orang-orang harus membuat kesepakatan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya.

Etika yang Tidak Harus Diikuti

Ada beberapa etika yang tidak harus diikuti dalam komunikasi video conference. Misalnya, orang-orang tidak harus meninggalkan ruangan ketika konferensi sedang berlangsung. Hal ini karena orang lain dalam konferensi mungkin tidak dapat menyelesaikan diskusi tanpa bantuan orang yang meninggalkan ruangan. Juga, orang-orang tidak harus membawa makanan atau minuman ke konferensi.

Selain itu, orang-orang tidak harus menggunakan kode bahasa yang berbeda atau lisan yang berbeda dari orang lain dalam konferensi. Hal ini karena mungkin akan menyebabkan orang lain tidak dapat memahami isi diskusi. Juga, orang-orang tidak harus berbicara dengan suara yang sangat keras sehingga mengganggu orang lain dalam konferensi. Jika ada orang lain yang merasa terganggu oleh suara yang keras, maka orang yang membicarakan harus menghormati mereka dan memperbaiki suara mereka.

Etika yang Harus Diikuti Saat Mengakhiri Konferensi

Ketika konferensi telah selesai, penting untuk mengakhiri konferensi dengan etika yang baik. Hal ini berarti bahwa setiap orang harus mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang telah berpartisipasi dalam diskusi. Juga, orang-orang harus memastikan bahwa setiap masalah yang telah dibahas telah diselesaikan dan bahwa semua persetujuan telah disepakati. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa semua orang telah menyimpan pertemuan dan bahwa semua data yang telah dibahas telah disimpan dengan benar.

Kesimpulan

Komunikasi video conference adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu secara fisik. Namun, penting untuk mematuhi etika yang telah dijelaskan di atas agar komunikasi video conference dapat berjalan dengan lancar. Dengan mengikuti etika yang sesuai, maka komunikasi video conference akan menjadi lebih efektif dan orang-orang yang terlibat dalam konferensi akan merasa lebih nyaman.

Check Also

Kata Sifat Dari Huruf U

Kata Sifat Dari Huruf U

Pintar Membaca dan Menulis Huruf U Pinterest Dan from www.pinterest.com Udzur, Usaha, dan Umpan Pada …