Sejarah Hari Es Krim Sedunia, Kudapan Dingin Manis yang Disukai Semua Kalangan

Es Krim
Es Krim

Bisnishotel.com, JAKARTA – 19 Juli 2020 dirayakan sebagai hari Es Krim Sedunia yang dirayakan setiap hari Minggu ketiga di bulan Juli.

Hari istimewa ini awalnya dicanangkan oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan pada tahun 1984, dimana bulan Juli diresmikan sebagai Bulan Es Krim Nasional, yang kemudian berkembang menjadi Hari Es Krim Sedunia. Hebat sekali ya, seluruh dunia akan merayakan Hari Es Krim pada Minggu, 19 Juli 2020.

Apa sih yang membuat es krim begitu spesial sehingga diperingati secara internasional? Menurut data dari Datassential, es krim merupakan hidangan dessert paling favorit, menempati urutan pertama dari beragam jenis dessert.

Es krim memang menjadi camilan enak yang digemari banyak orang. Coba perhatikan saat kamu atau orang lain menikmati es krim. Pasti di wajah terbersit rasa happy. Iya, jangankan saat menikmatinya, saat menerimanya saja kita juga tanpa sadar biasanya akan tersenyum. Apa sih penyebabnya?

Selain memberikan kelezatan rasa, es krim secara ilmiah telah terbukti dapat membuat kita menjadi lebih happy.

Pada tahun 2013, sebuah penelitian di Inggris mengungkap pengaruh es krim terhadap perasaan manusia. Setiap peserta penelitian diberikan pilihan untuk memakan es krim dan pada akhir penelitian mereka diminta untuk menulis apa yang mereka syukuri tentang hidup mereka.

Aktivitas ini dilakukan berulang kali baik secara individu maupun kelompok, dengan es krim maupun tanpa es krim. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi antara es krim dan kebahagiaan. Orang-orang yang memakan es krim terlebih dahulu, lebih mudah untuk bersyukur dan menunjukkan perasaan positif.

Studi lain menunjukkan bahwa es krim juga dapat memberikan pengaruh positif di beberapa bagian otak kita, terutama bagian Orbitofrontal Cortex (OFC) yang berfungsi dalam memproses emosi dan keputusan yang kita buat.

Saat makan es krim, terdapat respons emosional positif yang dihasilkan oleh OFC. (Mia Chitra Dinisari)

Baca Juga: Menparekraf Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan Jelang Pembukaan Wisata Bali

Related posts