Ini Dia Konsep Bali Baru

Danau Toba/Antara

Bisnishotel.com, BANDUNG – Bali Baru sebuah konsep untuk mengembangkan pariwisata Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata.

Frans Teguh, Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan Bali Baru sebenarnya hanya sebuah istilah untuk memastikan bahwa 10 destinasi wisata yang dicanangkan pemerintah mempunyai standar yang sama seperti halnya pulau Bali.

“Bali Baru adalah sebuah terminologi yang bisa kita coba, konsep yang akan dikembangkan dan diwujudkan, bukan lagi copy paste tetapi harus memastikan karakter sense of place yang muncul di daerah-daerah tersebut. Hal ini menjadi sebuah tantangan baru bagi kami,” ujarnya ketika memberikan presentasi pada Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Pariwisata di Bandung, Selasa (13/3/2017).

10 destinasi wisata yang menjadi program Bali Baru antara lain:

1. Danau Toba di Sumatera Utara
2. Tanjung Kelayang di Bangka Belitung
3. Tanjung Lesung di Banten
4. Kepulauan Seribu dan Kota Tua di Jakarta
5. Borobudur di Jawa Tengah
6. Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur
7. Mandalaika di Nusa Tenggara Barat
8. Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
9. Wakatobi di Sulawesi Tenggara
10.Morotai di Maluku Utara.

Frans menambahkan, ketika membangun destinasi pariwisata berarti kita akan memproyeksikan bahwa destinasi ini dalam 5 tahun kedepan seperti apa dan intergrated masterplannya harus jelas.

“Dalam konsep mengembangan pariwisata, destinasi harus menjadi center of egnomical. Kita harus memastikan kawasan tersebut adalah bagian dari strategi pariwisata nasional, kita harus mendorong pusat pertumbuhan ekonomi pariwisata. Kawasan-kawasan tersebut harus menjadi tourism hall yang mampu untuk mendistribusikan penyebaran pertumbuhan di wilayah sekitarnya dan kita harus memastikan bahwa lingkungan tersebut kawasan ekosistem pariwisata,” ucapnya. (K20)

Related posts

Leave a Comment