Aty Fadjariaty, GM V Hotel Residence Bandung, Kaya Pengalaman Dunia Perhotelan

General Manager V Hotel Residence Bandung Aty Fadjariaty/Bisnis-Desi

Bisnishotel.com, BANDUNG – Sosok Aty Fadjariaty sudah tidak asing lagi di dunia perhotelan, dia telah menekuni dunia hospitality sejak 1991 silam. Kini, Aty menjabat posisi sebagai General Manager V Hotel Residence Bandung.

Awalnya, perempuan kelahiran Jakarta 6 Desember 1968 ini tidak terbayang akan bekerja di bidang perhotelan. Pada saat masih mengenyam pendidikan sekolah menengah, Aty bercita-cita menjadi seorang dokter namun jalan kariernya ternyata berbeda.

Melalui dorongan sang kakak yang juga memperkenalkannya pada dunia perhotelan, akhirnya membawa Aty untuk berkuliah di jurusan Rooms Management NHI Bandung atau yang kini dikenal sebagai Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Begitu lulus kuliah, Aty langsung bergabung ke Grand Hyatt Jakarta sebagai Reception FB Restaurant sebelum akhirnya berpindah ke Le Meridien Jakarta sebagai Front Office.

Peningkatan kariernya dimulai ketika Aty bergabung bersama Shangri-La Hotels & Resort dan menempati posisi Guest Relation Officer. Mendapatkan promosi, Aty juga pernah menempati posisi Banquet Coordinator dilanjutkan Banquet Sales.

Kariernya terus meningkat, Aty juga memiliki pengalaman bekerja di Crown Plaza Jakarta, Star Cruises, Ciater Spa Subang, Bilique Hotel, Hyatt Bandung, Sensa Hotel Ciwalk, hingga Savoy Homann Bidakara dengan beragam posisi.

Dia juga pernah menjadi Hotel Manager Verona Hotel, Director of Sales Grand Royal Panghegar dan menjadi General Manager di Favehotel Hyper Square. Aty juga sempat berkuliah lagi dengan mengambil jurusan Public Relation di Jakarta. Sampai akhirnya Aty bergabung dengan V Hotel Residence Bandung sebagai General Manager.

Berkarier di beragam kota seperti Jakarta, Bali, Subang dan Bandung, dengan perjalanannya yang panjang di dunia perhotelan diakui Aty memberinya pandangan baru setiap harinya karena menurutnya dunia perhotelan tidak monoton.

“Tantangan yang saya rasakan banyak, dunia perhotelan terus berkembang banyak hal baru yang saya pelajari terutama menghadapi berbagai macam karakter tamu, tetapi itu sebuah pengetahuan bagaimana menghadapi tamu dan segmen-segmen pasar dari klien,” ujarnya.

Di tengah tantangan perhotelan yang kian banyak, Aty mengungkapkan sejauh ini target yang ditetapkan hotel sudah tercapai. Dia juga berharap di bawah kepemimpinannya, V Hotel Residence dapat terus berkembang dan bisa mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan.

“Saya akan tetap mengabdi selama saya bisa membantu dan dibutuhkan,” katanya.

Dalam bekerja, Aty senantiasa menerapkan prinsip dalam dirinya yakni bekerjalah dalam diam (silent) biarlah sukses yang membuat keributan.

Aty juga menerapkan pola kerja pada timnya dengan kekeluargaan dan selalu membagi ilmu yang dimilikinya agar kelak timnya dapat belajar dan terinspirasi mengikuti jejak karier menjadi General Manager.

Di sela-sela kesibukannya, Ibu dari dua orang putri ini  mengisi waktu dengan berbagai hobinya. Aty memiliki hobi membaca, travelling, mendengarkan musik musisi favoritnya yaitu The Chainsmoker. (k20/k5)

Related posts

Leave a Comment